Rabu 28 Nov 2018 13:14 WIB

Deteksi Dini Mampu Cegah Anak Tumbuh Kerdil

Penanggulangan kekerdilan paling efektif dilakukan di 1.000 hari pertama.

Ilustrasi ibu hamil.
Foto: Photo by freestocks from Pexels
Ilustrasi ibu hamil.

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Dokter spesialis anak, Abdul Hakam, menyatakan kondisi anak kekerdilan bisa dicegah dengan melakukan deteksi dini. Deteksi awal bisa mengungkap ada tidaknya permasalahan kesehatan akibat kekurangan gizi.

"Penyebab utama anak gagal mencapai tinggi badan sesuai potensi genetiknya karena kekurangan gizi maupun akibat terjadinya infeksi," ujarnya saat menjadi pembicara pada Seminar Kesehatan "Pencegahan Stunting Menuju Kudus Sehat" di Pendopo Kabupaten Kudus.

Baca Juga

Menurut dia, penanggulangan balita pendek yang paling efektif dilakukan pada 1.000 hari pertama kehidupan Upaya intervensi gizi spesifik kelompok 1.000 hari pertama kehidupan, katanya, dimulai sejak ibu hamil, menyusui dan anak usia 0-23 bulan.

Oleh karena itu, dia menyarankan, janin perlu diberikan asupan gizi yang baik dan seimbang. Serta pemeriksaan kesehatan ibu selama masa kehamilan untuk memastikan berat badan ibu sesuai dengan usia kehamilan.

Ketika anak sudah lahir, menurut dia, bisa dideteksi dengan melakukan pengukuran antropometri yang tepat, meliputi berat badan, lingkar kepala, lingkar lengan dan disproporsi tubuh. "Jika diketahui tidak ideal, maka bisa diberikan asupan gizi yang cukup agar tidak terjadi kekerdilan," ujarnya.

Ia menyarankan masa kehamilan di usia remaja dikurangi dan hamil dekat juga perlu dikurangi. Ia menilai mayoritas ibu hamil malas jalan kaki setiap pagi. Padahal banyak bergerak sangat bermanfaat untuk menurunkan preeklamsia atau komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi.

Penanggulangan kekerdilan, katanya, tidak mudah karena diperlukan komitmen pemerintah yang kuat, termasuk pelaksanaan program multisektor yang terintegrasi dan berkesinambungan.

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kudus, Sa'diyah mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama memerangi kekerdilan dengan menerapkan pola hidup sehat dan lingkungan yang sehat. "Ibu hamil juga harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk pertumbuhan balita juga bisa dideteksi ketika ada gangguan pertumbuhan," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement