Ahad 25 Nov 2018 12:23 WIB

Levi's Band Hunt 2018 Tampilkan Keberagaman Genre Musik

Delapan band ramaikan final Levi's Band Hunt 2018.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
Toko Levi's.
Foto: Wikimedia Commons
Toko Levi's.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Levi's Band Hunt 2018 berhasil menarik sebanyak 2.200 karya musik orisinil dari berbagai band yang tersebar di kota-kota Indonesia. Jumlah pendaftar ini meningkat 300 persen dibandingkan Levi's Band Hunt pertama yang digelar pada 2017.

Setelah melalui proses penyeleksian yang cukup ketat, Levi's Indonesia akhirnya mengumumkan delapan band terbaik yang akan bersaing dalam panggung Grand Finale Levi's Band Hunf 2018 pada Sabtu (24/11). Lima dari delapan band yang terpilih merupakan band asal Jakarta, sedangkan tiga band lainnya berasal dari Yogyakarta, Tangerang dan Bandung. Kedelapan band tersebut adalah Kelas Drama, Scenario, Hand of Fatima, D3saj Senja, Pasukan Penjaga Pohon, Delika, Peraukertas dan Jionara.

Kami sangat senang melihat antusiasme grup-grup band Indonesia yang mengirimkan link demo musik karyanya ke dewan juri Levi's Band Hunt," ujar Country Head Marketing Indonesia Adhita Idris saat ditemui di Jakarta, Jumat (23/11).

Selain dari jumlah pendaftar, Adhita mengatakan Levi's Band Hunt 2018 pun memiliki perbedaan dari segi genre musik yang dibawakan para band. Adhita mengatakan ada banyak band baru yang berani mengeksplorasi variasi genre musik bahkan membuat perpaduan antara beberapa genre musik.

"Band-band ini membutuhkan kesempatan untuk dikenal oleh para pencari bakat musik, dan Levi's sangat bersemangat menyediakan panggungnya," jelas Adhita.

Managing Director Universal Music Indonesia Wisnu Surjono turut berbagi cerita mengenai proses panjang penjurian. Wisnu mengatakan ia mendengarkan seluruh demo lagu yang masuk hingga selesai. Ia bahkan mendengarkan 2.200 lagu dari para pendaftar sebanyak dua hingga tiga kali sebelum menentukan 15 besar semifinalis. Wisnu mengaku senang karena genre lagu yang disajikan sangat beragam.

"Hal ini sangat positif karena menggambarkan keberagaman genre musik di Indonesia," ujar Wisnu.

Sebanyak 15 semifinalis ini lalu disaring kembali hingga menjadi delapan besar finalis. Proses penyaringan semifinalis menjadi finalis ini memanfaatkan sistem online voting.

Kedelapan band juga berkesempatan mendapatkan pembekalan dari Levi's maupun para mentor selama sua hari di Jakarta untuk meningkatkan musikalitas hingga mengasah kemampuan manajemen band yang lebih baik. Band yang nantinya terpilih sebagai pemenang pertama akan mendapatkan hadiah besar berupa kontrak rekaman dengan Universal Music Indonesia.

"Kami juga akan lihat, kalau ada potensi band lain yang tidak menang tapi punya potensi di market, kami juga akan lirik untuk kontrak band tersebut," kata Wisnu.

Panggung Grand Finale Levi's Band Hunt 2018 akan digelar di Livespace, Lot 8 Kawasan SCBD Jakarta Sabtu (24/11) pukul 15.30 WIB. Penjurian dilakukan Universal Music Indonesia dan para mentor, yaitu Maliq & D'Essentials, Kelompok Penerbang Roket, dan Pee Wee Gaskins.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement