Ahad 25 Nov 2018 07:03 WIB

Soto Thailand Resep Keluarga Chicco Jerikho

Ragam bumbu peracik soto hadirkan kuah dengan aroma wangi bercitarasa gurih manis.

Soto thailand atau tom thai.
Foto: Republika/Indira Rezkisari
Soto thailand atau tom thai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kuliner Thailand dengan mudahnya ditemukan di Jakarta dan sekitarnya. Menu seperti tom yam atau bahkan teh susu Thailand bahkan bisa ditemukan di banyak restoran yang tidak khusus menjajakan kuliner Thailand.

Kalau Anda ingin mencicipi makanan Thailand yang berbeda, soto Thailand atau tom thai bisa jadi jawabannya. Ya, betul Anda tidak salah. Soto Thailand.

Restoran Tom Thai yang terletak di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, menyajikan menu soto khas negara Gajah Putih. Uniknya soto yang ditawarkan merupakan menu keluarga artis keturunan Thailand, Chicco Jerikho.

Manajer Restoran Tom Thai, Indria Ratu Patimasang, mengatakan soto Thailand pada dasarnya merupakan makanan berkuah yang disajikan dengan sayuran dan daging. “Rasa kuahnya tapi beda, ada sensasi gurih, manis, dan wangi dari bahan-bahan,” katanya.

Tom Thai merupakan restoran yang menyajikan makanan dan minuman Thailand. Restoran ini dimiliki oleh keluarga Chicco Jerikho yang sudah sejak lama berbisnis kuliner. Sebelum membuka Tom Thai, keluarga Chicco lebih dulu membuka CJ Tom Yam di Lebak Bulus dan Bintaro.

photo
Pad Thai dari restoran Tom Thai di Cipete, Jaksel.

Menu soto ini namun sengaja hanya dihadirkan di outlet terbaru mereka, Tom Thai, yang buka sejak pertengahan bulan lalu.

Soto Thailand sesungguhnya mengingatkan dengan pho khas Vietnam. Kuahnya sama bening dengan sentuhan rasa gurih.

“Soto di sini dimasak dengan akar ketumbar, kayu manis, kembang lawang, lalu ada gula batu, dan kecap asin,” terang Ratu. Sebagai isian tersedia daging sapi, urat, kikil, bakso, babat, dan paru. Pengunjung bisa memilih memesan isian komplit atau sesuai selera. Teman makannya juga bisa dipilih antara nasi atau kwetiau.

Kuah soto yang dimasak dengan rempah-rempah menghasilkan aroma yang berbeda. Rasa kuah yang sedikit manis dan gurih akan bertambah nikmat dengan bubuk cabai. Semangkuk soto yang panas di hari hujan cocok sebagai pengisi perut.

Selain soto, masih ada sederet menu Tom Thai yang bisa dinikmati. Mulai dari tom yum kung, nasi goreng nanas, pad thai, dan ayam daun pandan. Harga yang ditawarkan untuk makanan mulai dari Rp 35 ribu hingga Rp 45 ribu per porsi.

photo
Nasi Goreng Nanas di Tom Thai Cipete, Jaksel.

Menu lain yang layak dicoba adalah nasi goreng yang tersaji di dalam buah nanas. Dalam seporsi nasi terdapat kombinasi rasa manis dan gurih yang memikat.

“Ada kismis yang manis dan potongan kacang mede yang gurih. Lalu juga potongan daging ayam dalam nasi,” kata Ratu.

Sebagai penghilang dahaga beberapa minuman khas Thailand seperti thai ice tea, ice red ruby, dan es merah delima tersedia. Ratu mengatakan menu minuman dipastikan autentik Thailand.

“Di Tom Thai kami juga memiliki balkon yang luas, fasilitas colokan dan wifi juga ada,” kata Ratu. Pengunjung masa kini yang membutuhkan ruang bekerja bisa memilih sudut dengan colokan untuk daya komputer jinjingnya.

Tom Thai buka setiap hari sejak pukul 10.30 hingga 22.00 WIB. Tom Thai berlokasi di Jalan Cipete Raya nomor 26, Jakarta Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement