Kamis 22 Nov 2018 15:57 WIB

9 Langkah Cegah Keracunan Makanan

Mencegah keracunan makanan bisa dimulai dari cara mempersiapkannya.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Menyimpan makanan dengan benar di kulkas sangat penting. Anda bisa terhindar dari keracunan makanan dengan penyimpanan yang benar.
Foto: Japantimes
Wagyu Steak

Masak dengan benar

Sangat penting untuk memiliki makanan yang cukup panas, cukup lama, agar kuman dapat dibunuh. Ketika saatnya memanggang kalkun, Anda tidak perlu mengatur suhu oven lebih rendah dari 162,7 derajat Celsius. Pastikan daging unggas telah matang dengan menggunakan termometer makanan untuk memeriksa bagian paling tebal dari payudara, dan bagian paling dalam dari paha atau sayap, termometer harus membaca setidaknya 73,8 derajat Celsius.

Suhu yang sama baik untuk semua jenis unggas, payudara, atau paha, serta ayam atau kalkun. Ikan segar bisa menjadi sedikit lebih dingin, 62,7 derajat Celsius. Jangan berasumsi Anda dapat memeriksa kematangan hanya dengan melihatnya.

Dan apa pun yang Anda lakukan, jangan gunakan termometer oral. Manusia ada pada suhu yang lebih rendah daripada unggas panggang. Termometer oral biasa dapat memecah dalam panas tinggi, menambahkan kaca dan merkuri ke makanan pembuka. Mungkin bukan keracunan makanan, tetapi ini tidak baik.

Mengistirahatkan daging

Mengistirahatkan daging membantu daging lebih juicy (mengandung banyak sari) dan lebih mudah diatur, serta membuat ukiran lebih mudah. Untuk beberapa makanan, khususnya steak juga dapat membantu membunuh kuman karena suhu tetap konstan atau terus meningkat. Makanan lain, seperti ikan, tidak perlu diistirahatkan sama sekali.

Isian kalkun

Bagi yang merayakan Thanksgiving, memasak isian di dalam kalkun tidak disarankan. Menurut penulis dan TV personality Alton Brown, jika Anda penggemar isian, disarankan memasaknya secara terpisah (dalam hal ini dressing) dan memasukkannya ke dalam kalkun saat diistirahatkan.

Makanan lebih berisiko

Beberapa makanan lebih berisiko daripada yang lain ketika menyangkut keracunan makanan. Jika mentah atau langka, terutama produk hewani kemungkinan itu memiliki beberapa tempat yang tidak diinginkan. Tiram mentah khususnya, adalah tempat berkembang biak bagi bakteri karena mereka penyulang filter, yang berarti mereka menyedot banyak virus dan bakteri. Masak semua makanan laut hingga 62,7 derajat Celsius, dan hangatkan sisa makanan hingga 73,8 derajat Celsius.

Jangan biarkan bakteri berkembang

Bakteri berkembang antara 4 derajat Celsius dan 60 derajat Celsius, yang berarti rata-rata suhu dalam rumah adalah zona berkembang biak sempurna. Itu juga mengapa Anda tidak ingin meninggalkan makanan selama lebih dari dua jam, dan hanya satu jam jika di atas 32 derajat Celsius di luar. Jaga kulkas Anda tetap bagus dan sejuk idealnya di bawah 4 derajat Celsius. Dan jangan biarkan sisa makanan berlama-lama bahkan di kulkas, tiga atau empat hari maksimal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement