Rabu 21 Nov 2018 16:05 WIB

Tiga Cara Mudah Hindari Kuman Saat Bepergian

Mencuci tangan dan mengganti pakaian berkala akan menjaga kondisi tubuh saat liburan

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wanita liburan.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Wanita liburan.

REPUBLIKA.CO.ID, Musim liburan akhir tahun akan segera menjelang. Sebagian dari Anda mungkin sudah memiliki rencana pelesir ke sederet destinasi wisata dengan pesawat, kereta, atau mobil pribadi.

Selain menetapkan lokasi liburan, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan di perjalanan. Berikut sejumlah cara mudah menjauhkan kuman selama bepergian, dikutip dari laman Healthline.

1. Jaga stamina sebelum berangkat.

Praktisi kesehatan holistik Natalie Sexton menyarankan untuk menyiapkan stamina sebelum berangkat liburan. Makan makanan sehat, melakukan olahraga ringan, dan cukup tidur akan memperkuat daya tahan tubuh.

Sarapan buah dan sayuran, baik utuh maupun dibuat jus/smoothie, dapat melancarkan metabolisme. Sementara, olahraga pagi dan tidur minimal enam jam setiap malam membuat Anda tidak mudah lelah saat liburan.

2. Jaga kebersihan dasar

Bertemu banyak orang di stasiun, bandara, atau terminal bisa berimbas untuk kesehatan. Menurut peneliti mikrobiologi Jason Tetro, mayoritas virus, bakteri, dan jamur mudah tertular dari orang lain yang dijumpai di tempat-tempat umum tersebut.

Penulis buku The Germ Files itu menyarankan untuk memakai masker, mencuci tangan berkala, dan selalu menyediakan tisu disinfektan. Jika ingin memakai hand sanitizer, pilih produk dengan kadar etanol 62 sampai 70 persen.

3. Ganti pakaian berkala

Jangan malas berganti pakaian selama liburan. Walaupun Anda merasa baju yang dipakai masih bersih atau tidak bau, lebih disarankan untuk mengganti semua yang dipakai begitu sampai di lokasi tujuan.

Menurut Tetro, pada kondisi normal, pakaian yang dikenakan disinggahi 37 juta mikroorganisme per jam. Saat berada di tempat umum, mikroba yang menempel dan tertinggal pada pakaian bisa berjumlah lebih banyak lagi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement