Selasa 20 Nov 2018 19:36 WIB

Produser Star Wars, Perempuan Paling Disegani di Hollywood

Kathleen Kennedy jadi perempuan pertama peraih prestasi seumur hidup dari Akademi.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Indira Rezkisari
Produser Kathleen Kennedy
Foto: EPA
Produser Kathleen Kennedy

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Produser film Star Wars, Kathleen Kennedy menerima penghargaan prestasi seumur hidup (lifetime achievement) dari penyelenggara Oscar pada Ahad (18/11). Ia menjadi perempuan pertama yang menerima penghargaan tahunan Academy of Motion Picture Arts and Science Irving G. Thalberg tersebut.

“Saya sangat bangga menjadi perempuan pertama yang menerima penghargaan ini. Tapi saya juga bukan orang pertama yang pantas mendapatkannya dan saya yakin 100 persen, saya bukanlah yang terakhir,” kata Kennedy disambut tepuk tangan meriah saat acara makan malam yang dihadiri oleh para eksekutif studio dan banyak aktor serta sutradara besar Hollywood.

Baca Juga

Kennedy mengatakan, upaya terbarunya untuk meningkatkan keragaman di Hollywood dan memberikan perempuan peran yang lebih. Perempuan di depan maupun di belakang kamera harus dirangkul. Ia pun berharap, hal itu akan membuka pintu bagi suara-suara baru dalam industri film yang mungkin membawa dunia kembali ke akal sehat.

"Ini adalah harapan saya bahwa dengan masuknya suara-suara baru yang kuat ini, kita mungkin akan membawa dunia kembali ke akal sehatnya dan mungkin, mungkin saja, menghancurkan batasan-batasan yang ada," kata Kennedy.

Kennedy begitu dihormati bersama suaminya yang juga adalah seorang produser, Frank Marshall. Pada tahun 1981, Kennedy dan Marshall mendirikan Amblin Entertainment bersama sutradara Steven Spielberg pada dan memproduksi film laris termasuk Raiders of the Lost Ark, Jurassic Park, dan ET: The Extra Terrestrial.

Pada tahun 2012, Kennedy menjadi presiden dalam rumah produksi LucasFilm. Ia menghidupkan kembali film science-fiction (sci-fi) dan memproduksi film miliaran dolar Amerika Serikat. Star Wars: The Force Awakens dan Star Wars: The Last Jedi yang membuatnya menjadi salah satu sosok paling disegani di Hollywood, dikutip dari Reuters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement