Senin 19 Nov 2018 08:50 WIB

Bubur Ayam Ummi, Menu Sarapan Sebelum ke Geopark Ciletuh

Bubur ayam Ummi berada di perlintasan menuju Geopark Ciletuh.

Bubur ayam untuk sarapan.
Foto: Republika/Prayogi
Bubur ayam untuk sarapan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kedai bubur ayam Ummi yang ada di Kampung Purut Cikawung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi makanan favorit wisatawan yang datang dari berbagai negara. Kedai bubur yang berada di Desa/Kecamatan Nyalindung ini lokasinya cukup strategis, yakni di perlintasan menuju objek wisata Geopark Ciletuh Pelabuhanratu.

"Kedai bubur ayam ini kami dirikan sejak delapan tahun lalu atau tepatnya pada 2008, ternyata animo pembelinya tidak hanya datang dari warga setempat tetapi banyak juga wisatawan lokal hingga turis mancanegara yang sengaja singgah untuk menikmati kuliner tradisional ini," kata pemilik kedai bubur ayam Ummi, Umi Aroh, di Sukabumi, Jumat.

Setiap harinya, kedai bubur ayam Ummi selalu ramai. Meskipun banyak pembeli, penyajiannya cepat berkat kesigapan pramusaji yang ramah dan selalu senyum dalam melayani setiap pengunjung.

Menurut Umi Aroh, kelebihan dari bubur ayam yang dijual seharga delapan ribu rupiah per mangkuk ini adalah bumbu rahasia yang terbuat dari bahan organik sebagai penyedap rasa. Bubur ayamnya terasa gurih meski tanpa vetsin.

Per bulannya, Umi Aroh mencapai omzet Rp40 juta. Setiap harinya, sekitar 200 porsi bubur ayam terjual. Selain menawarkan bubur ayam sebagai menu andalan, Umi Aroh juga menyajikan lontong sayur dan nasi uduk.

"Kami pun memberdayakan masyarakat sekitar untuk ikut bekerja di kedai ini dan sekarang ada tiga karyawan yang selalu siap melayani pengunjung," tambahnya.

Menurut salah seorang pengunjung yang juga peneliti asing, Inge Tielen, mengatakan salah satu makanan khas Indonesia yang paling dia sukai adalah bubur ayam. Ia selalu mampir ke kedai bubur ayam Ummi sebelum meneruskan aktivitas hariannya di Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga, Kecamatan Nyalindung.

"Saya suka dengan bubur ayam ini cocok di lidah dan yang terpenting terjaga kebersihannya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement