Kamis 15 Nov 2018 13:16 WIB

Penyakit-Penyakit Ini Bisa Dideteksi dari Kondisi Kuku

Stres bisa terlihat dari pola garis menyamping pada kuku

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bercak putih pada kuku kaki
Foto: menshealth.com/gettyimages
Bercak putih pada kuku kaki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalau ingin beberapa petunjuk tentang kesehatan tubuh secara keseluruhan, lihat kuku. Bagian ini menjadi cerminan untuk melihat kondisi tubuh sehat atau sedang mengalami sakit.

“Kuku Anda adalah cerminan yang sangat baik dari kesehatan Anda. Banyak hal dapat terjadi pada kuku yang dapat menandakan masalah sistemik atau kulit,” kata dokter kulit Christine Poblete-Lopez, MD, dikutip dari health.clevelandclinic, Kamis (15/11).

Baca: Waspada Kandungan Beracun Cat Kuku

Perhatikan apa pun pada atau di sekitar kuku tangan atau kuku kaki yang tiba-tiba tampak berbeda. Ketika ada yang tampak tidak normal, Poblete-Lopez menyarankan untuk segera mendapatkan tindakan dengan mengunjungi pusat kesehatan.

Namun, untuk sebagai pengetahuan tambahan, berikut ini enam kondisi yang juga bisa menyebabkan gejala pada kuku. Namun, untuk diagnosis, penting untuk memeriksakan diri ke dokter yang akan mempertimbangkan banyak faktor, di samping gejala kuku.

Baca: Apakah Anak Anda Suka Mencabut Kulit, Rambut, dan Kuku?

1. Stres

Dr. Poblete-Lopez mengatakan, kuku tangan dan kuku jari kaki sangat berkaitan erat dengan rambut. Sama seperti rambut yang mungkin rontok setelah penyakit atau periode stres yang berkepanjangan, kuku juga dapat menunjukkan gejala. Paling sering, stres akan menyebabkan garis samping muncul di kuku.

2. Tahi lalat atau melanoma

Kekhawatiran tentang warna kuku adalah salah satu keluhan yang paling umum didengar. Perbedaan warna biasanya muncul dalam garis yang berjalan dari kutikula ke ujung, mereka bisa menjadi jinak atau kanker melanoma. Orang Afrika-Amerika dan Asia lebih mungkin mengalami perubahan pigmentasi normal yang terkait dengan etnis.

Lebih baik berkonsultasi dengan dokter kulit jika kulit di bawah lempeng kuku atau bagian keras kuku mengembangkan berwarna coklat. Perkembangan ini selalu lebih memprihatinkan, menurut Dr. Poblete-Lopez, kalau hanya mempengaruhi satu jari daripada semuanya. Garis-garis cokelat yang masuk ke kutikula bisa menjadi tanda melanoma. Yang berhenti di atau sebelum kutikula kemungkinan disebabkan oleh tahi lalat.

3. Radang sendi

Kista kecil yang tumbuh di dekat atau di kutikula kuku dapat timbul karena radang sendi. Ini merupakan kondisi yang jinak dan hal terbaik ditangani oleh ahli bedah tangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement