Ahad 11 Nov 2018 06:00 WIB

Gaji Pas-pasan Ingin Jalan-Jalan ke Luar Negeri? Ini Tipsnya

Meski liburan ke luar negeri cukup mahal, siapa pun pasti bisa melakukannya.

Turis melakukan swafoto dengan latar Patung Merlion, salah satu atraksi wisata populer di Singapura.
Foto: AP
Turis melakukan swafoto dengan latar Patung Merlion, salah satu atraksi wisata populer di Singapura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidup itu tidak gratis, semuanya serba uang, termasuk saat ingin liburan. Mengingat liburan menghabiskan banyak biaya, orang-orang sering menunda keinginannya untuk liburan.

Terlebih lagi untuk liburan ke luar negeri, uang yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Padahal liburan adalah cara terbaik untuk menyegarkan kembali pikiran, sehingga tetap semangat untuk mencari uang.

Sehingga bisa mudah liburan ke luar negeri identik dengan orang yang bergaji besar alias punya banyak uang. Lalu bagaimana dengan yang bergaji pas-pasan atau kecil? Katakanlah setingkat UMR (Upah Minimum Regional) yang sekarang ini sebesar Rp3,6 jutaan untuk wilayah DKI Jakarta.

Jangan khawatir, ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk menyiasatinya. Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut kcara agar bisa jalan-jalan ke luar negeri meski gaji hanya standar UMR (Upah Minimum Regional).

Menabung Rp 500 Ribu per Bulan Khusus untuk Liburan

Sebelum menyisihkan gaji untuk membayar uang kos atau uang makan, sisihkan maksimal sebesar Rp500 ribu untuk ditabung khusus buat liburan. Simpan ke rekening tabungan khusus agar tidak tergoda untuk menggunakannya. Dalam setahun, uang yang terkumpul sebesar Rp6 juta yang cukup untuk jalan-jalan ke negara-negara Asia terdekat, bukan?

Makanan Sederhana yang Penting Menyehatkan

Tidak perlu harus makan enak setiap hari. Makanlah makanan yang sederhana asalkan menyehatkan. Kalau perlu masak makanan sendiri sehingga bisa menghemat biaya makan lebih besar lagi.

Katakanlah dengan bujet makan sehari tiga kali dengan menu sederhana, asal ada nasi, lauk, dan sayur, sebesar Rp35 ribu, maka uang yang dibutuhkan hanya sebesar sekitar Rp 1 jutaan saja.

Kurangi Kebiasaan Cuci Mata di Mall

Poin ini mungkin cukup berat, apalagi jika ngemall yang biasa menjadi sebuah hiburan. Tapi demi mewujudkan jalan-jalan ke luar negeri, mau tak mau harus betah di rumah dan sesekali saja ke mall.

Agar hari-hari tidak terlalu membosankan, lakukan hal-hal positif seperti jogging atau beres-beres rumah. Kalau mau kongko boleh saja, tapi pilih tempat yang murah meriah seperti taman bermain.

Rajin Berburu Tiket Promo

Doktrin harga tiket pesawat mahal harus dibuang jauh-jauh karena hal ini tidak selalu benar. Beberapa situs pemesanan tiket di Indonesia bahkan menawarkan banyak promo menarik, khususnya untuk penerbangan ke luar negeri. Sebagai contoh, ke Bangkok saja ada yang menawarkan harga tiket pesawat hanya Rp1,6 juta PP (pulang-pergi).

Agar tidak kehabisan promo, sering-seringlah mengecek situs pemesanan tiket pesawat. Pilih tanggal penerbangan yang menawarkan harga paling murah dan disesuaikan dengan waktu cuti nantinya.

Ikuti Open Trip

Semakin banyak anggota yang pergi liburan, biayanya akan semakin murah. Ajak keluarga, teman, sahabat, atau pacar untuk liburan bersama agar semakin hemat. Jika memang pergi sendirian, ikuti open trip yang biasanya diadakan oleh agen perjalanan wisata.

Menginap di Dormitori atau Motel

Jika ingin solo travelling, bisa pilih penginapan berupa dormitori atau motel yang harganya jauh lebih murah dibandingkan hotel. Atau lebih hemat lagi jika punya teman di negara tujuan, sehingga bisa menginap secara gratis, bukan?

Siapa pun Bisa Liburan ke Luar Negeri

Meski liburan ke luar negeri cukup mahal, siapa pun pasti bisa melakukannya, termasuk bagi yang bergaji UMR sekali pun. Asalkan ada niat dan membuat perencanaan dengan baik. Lakukan tips-tips di atas agar keinginan jalan-jalan ke luar negeri bisa dilakukan dan pengeluaran saat liburan tetap sesuai bujet.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement