Rabu 07 Nov 2018 15:41 WIB

Ini Alasan Sebagian Orang Memilih Berobat ke Luar Negeri

Salah satu kelebihan berobat di luar negeri adalah pelayanan dilakukan segera

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Singapura menjadi salah satu negara tujuan bagi pasien Indonesia yang ingin berobat ke luar negeri
Foto: AP
Singapura menjadi salah satu negara tujuan bagi pasien Indonesia yang ingin berobat ke luar negeri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Berobat ke luar negeri masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia hingga saat ini. Mereka adalah orang-orang yang dengan sengaja melintasi benua dan negara lain untuk tujuan berobat atau memperoleh layanan medis. 

Namun, sebelum memutuskan untuk berobat atau melakukan perawatan medis di luar negeri, alangkah baiknya mengetahui kelebihannya berikut ini.

1. Biaya pengobatan cenderung lebih murah

Dalam siaran pers yang dikirim oleh Medical Travel News dari GO CARE edisi November 2018 disebutkan bahwa biaya menjadi pertimbangan utama yang membuat banyak orang memilih berobat ke luar negeri. Mungkin banyak orang beranggapan bahwa berobat ke luar negeri akan menghabiskan biaya yang cukup besar.

Padahal, jika dihitung secara rinci total biaya pengobatan yang dikeluarkan bisa lebih murah. Bahkan, pasien bisa menghemat biaya sekitar 30 persen hingga 80 persen.

Hal tersebut yang membuat banyak orang berobat ke luar negeri, karena biaya perjalanan, biaya pengobatan, serta akomodasi di negara tujuan yang cenderung lebih murah dibandingkan di negara asal mereka. Namun, tentu saja ini tergantung pada negara yang dituju, jenis perawatan medis yang dilakukan, dan pasien menggunakan asuransi kesehatan atau tidak.

2. Pelayanan kesehatan dilakukan segera

Di Amerika Serikat, Inggris, atau negara-negara berkembang lainnya, termasuk Indonesia, pasien terkadang kerap dibuat menunggu berbulan-bulan untuk bisa mendapatkan tindakan pengobatan atau perawatan medis yang diinginkan.

Inilah yang membuat mereka memilih untuk mencari pilihan kedua dengan berobat ke luar negeri karena merasa terlalu lama menunggu dan tidak nyaman dengan pelayanan kesehatan di dalam negeri sendiri. Sementara, di luar negeri, terutama di negara tujuan berobat, para pasien justru diutamakan untuk mendapatkan tindakan pengobatan dengan segera.

3. Dokter dan staf medis berpengalaman

Rumah sakit di luar negeri, terutama yang sudah memiliki akreditasi internasional, umumnya memiliki banyak dokter ahli hingga tenaga medis yang menawarkan layanan perawatan kesehatan untuk pasien dari negara lain. Bahkan, tak sedikit pula para dokter ahli dan tenaga medis yang sudah mengantongi sertifikat keahlian internasional dengan segudang pengalaman. Hal ini yang membuat jaminan pelayanan dan perawatan medis lebih intensif pun bisa didapatkan oleh para pasien internasional.

4. Fasilitas dan teknologi medis yang canggih

Selain memiliki dokter dan tenaga medis yang tersertifikasi dan berpengalaman, sejumlah rumah sakit di luar negeri mempunyai fasilitas dan teknologi medis yang canggih. Faktor kecanggihan teknologi kesehatan di luar negeri ini yang menjadi keuntungan para pasien asing berobat ke luar negeri.

Dengan fasilitas tersebut, proses rawat inap dan tindakan pengobatan pun tentu akan menjadi lebih optimal. Tak ayal pasien asing memilih untuk berobat ke luar negeri dibandingkan di negeri sendiri, dengan harapan bisa segera sembuh total dari penyakit yang diderita.

5. Manfaatkan waktu sambil jalan-jalan

Meski sedang melakukan perawatan medis, tetapi keuntungan lain yang didapatadalah pasien bisa memanfaatkan waktu sambil jalan-jalan. Tak jarang beberapa pasien dengan perawatan medis tertentu, seperti perawatan gigi atau kecantikan, justru menantikan waktu tindakan perawatan medis sambil jalan-jalan menikmati negara yang dituju.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement