Selasa 06 Nov 2018 23:11 WIB

Pidato BTS di Sidang PBB Muncul Sebagai Bahan Pelajaran

Pidato BTS jadi bahan pelajaran di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kelompok musik Korea BTS, dengan RM berdiri di podium.
Foto: EPA
Kelompok musik Korea BTS, dengan RM berdiri di podium.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL-- Penuturan pidato BTS yang dibacakan oleh RM di sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) September lalu muncul sebagai bahan pelajaran di sekolah-sekolah seluruh dunia. Tepatnya, di Korea Selatan, Amerika Serikat, Singapura, dan Vietnam.

Disiarkan di Korean Herald, Selasa (6/11), di sekolah menengah Korea, pidato ini muncul dalam ujian pemahaman dan komposisi bahasa Inggris yang berlangsung pada 16 Oktober. Soal tersebut berbunyi “Baca kutipan berikut dari pidato pemimpin BTS RM di acara Generation Unlimited milik UNICEF yang diadakan markas besar PBB di New York dan pilihan urutan paragraf yang benar untuk diikuti”.

Baca Juga

Pada papan buletin sekolah menengah lainnya, kepala sekolah menulis pada siswa untuk membaca pidato RM sebelum ujian. Kepala sekolah itu juga menekankan semua siswa harus menonton video pidato selama tujuh menit dari YouTube.

Di Singapura, bahan pelajaran di sekolah menengah dan sekolah tinggi menjelaskan filosofi BTS “Love Yourself”. Filosofi ini tentang mencintai diri sendiri. Pun mereka menyarankan untuk “Speak Yourself”, yaitu berbicara tentang apa yang mereka sukai.

Selain itu, materi sekolah menengah Vietnam juga menampilkan pidato BTS, termasuk transkripnya. Sekolah meminta siswa untuk menganalisis fitur pidato dan elemen persuasifnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement