Sabtu 03 Nov 2018 14:25 WIB

Inspirator Nama Karakter Mario Bros Meninggal Dunia

Mario menyewakan salah satu properti miliknya kepada Nintendo pada 1970-an.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Friska Yolanda
Super Mario Bros
Foto: mario-bross.net
Super Mario Bros

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mario Segale, pria yang menjadi inspirator terciptanya nama Mario Bros, meninggal di usia 84 tahun. Sky News pada Jumat (2/11) waktu setempat memberitakan kepergian Mario meninggalkan satu istri bernama Donna, empat anak, dan sembilan cucu. 

Mario Segale adalah pengembang properti berdarah Italia-Amerika yabg tinggal di Washington. Di era 1970-an ia menyewakan salah satu propertinya kepada Nintendo of America. Akhirnya untuk mengenang jasa Mario, Nintendo memberi nama tokohnya Mario Bros. 

Sebelumnya karakter si tukang ledeng itu disebut Jumpman. Namun Nintendo berpikir perlu adanya penamaan tokoh yang lebih pantas. Akhirnya perusahaan gim tersebut mengambil nama panggilan Mario sebagai nama karakter utama mereka.

Pada 1993, Mario Segale pernah diwawancarai oleh Seattle Times. Ketika ditanya mengenai pendapatnya soal karakter Mario Bros, sang juragan properti hanya memberikan jawaban singkat. "Anda  mungkin mengira saya sedang menunggu datangnya cek royalti," ungkapnya. 

Mario Segale adalah orang yang menghindari publikasi serta keterlibatan apapun dalam Nintendo. Keputusannya itu diambil lantaran dia tak mau hubungannya dengan Nintendo membahayakan reputasi bisnis propertinya. Mario juga berharap jika kematiannya tiba, dirinya dikenang sebagai orang yang memperoleh berbagai pencapaian selama hidup dan bukan sebagai inspirator lahirnya nama Mario Bros. 

Gim Mario Bros disebut-sebut sebagai franchise video gim paling laris sepanjang sejarah. Petualangan terakhirnya berjudul Super Mario Odyssey terjual lebih dari 12 juta kopi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement