Selasa 30 Oct 2018 14:22 WIB

Kalahkan Liberty, India akan Miliki Patung Tertinggi Dunia

Sebanyak 4.000 orang dikerahkan membangun patung.

Rep: Nora Azizah/ Red: Ani Nursalikah
Patung tokoh nasionalis India, Sardar Vallabhbhai Patel yang diklaim akan menjadi patung tertinggi di dunia.
Foto: AP/Ajit Solanki
Patung tokoh nasionalis India, Sardar Vallabhbhai Patel yang diklaim akan menjadi patung tertinggi di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, KEVADIYA -- Patung Liberty di New York, Amerika Serikat hingga saat ini masih diklaim sebagai patung tertinggi di dunia. Namun dalam waktu dekat posisi tersebut akan segera diambil alih India. Dilansir di Stuff.co.nz, India sedang merampungkan patung dengan ketinggian empat kali lebih tinggi dari Liberty.

Patung tertinggi di dunia tersebut menggambarkan sosok Sardar Vallabhbhai Patel, yakni seorang pemimpin kemerdekaan pada 1940. Ia berhasil menyatukan bangsa dan menjabat sebagai menteri pertama di India. Patung setinggi 182,8 meter tersebut dibuat menghadap ke arah Dam Sardar Karovar di Kota Kevadiya.

Patel dikenal sebagai 'Iron Man' India dan menjadi ikon sayap kanan bagi nasionalis hindu. Lokasi patung berdiri berada di Barat Gujarat, yakni wilayah tempat terjadinya perselisihan antara hindu dan Muslim hingga saat ini. Patung berbalut emas ini menghabiskan dana sekitar 408 juta dolar AS.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan, ini akan menjadi sebuah situs bersejarah di negaranya. "Simbol dari Sardar Patel akan menjadi salah satu objek wisata di dunia," kata Modi. Orang-orang bisa melihat negara kami, ukur tinggi negara kami, dan inilah yang India inginkan. Patung dibuat dengan tenaga sekitar 4.000 buruh," katanya.

photo
Foto: AP/Ajit Solanki

Seorang penulis biografi Sardar, Hindol Sengupta, mengatakan cara Modi membuat patung adalah bentuk penaklukannya terhadap reputasi India. "Ketika ia mengatakan ingin memberikan kebangkitan bagi India, ini merupakan salah satu bentuknya," kata Sengupta.

Patung setinggi lebih dari 181 meter tersebut juga diklaim mengalahkan patung Budha yang berada di Cina. Meski demikian bahan baku perunggu berasal dari Cina karena India belum mampu menciptakan kualitas yang lebih baik.

Patung Sardar Patel juga ada di bandara Gujarat, Ahmedabad. Modi merilis keberadaan patung, namun belum secara resmi. Beberapa kabar menyebutkan, peresmian patung dilakukan demi pemilihan umum tahun depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement