Kamis 25 Oct 2018 12:03 WIB

Sederet Makanan Bantu Atasi Sakit Perut

Makanan tertentu seperti crackers bahkan kerap dianjurkan ke ibu hamil yang mual.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Biskuit crackers
Foto: Flickr
Biskuit crackers

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sakit perut memang membuat tak nyaman. Apalagi bila sudah merasa mual, kembung, dan muntah.

Sedihnya, dokter lebih menyarankan gejala kuman penyebab sakit perut hilang dengan sendirinya daripada meminum obat. Agar tidak sengsara, ada beberapa jenis makanan yang bisa meredakan sakit perut. Laman Health.com mencoba merangkumnya.

Baca Juga

Pisang

Buah yang satu ini memang tak perlu ditanya lagi sebagai salah satu makanan sahabat perut. Pisang sudah digunakan secara turun temurun sebagai makanan pereda sakit perut. Kandungan kalium membuatnya bisa menjadi obat dehidrasi ketika muntah dan diare. Pisang dengan rasa lebih manis dianjurkan untuk meredakan sakit perut. Selain kalori yang bisa menjadi tenaga, rasa kurang manis pada pisang terkadang membuat mual.

Nasi

Sebagian orang menghindari nasi demi mempertahankan diet berat badan. Padahal, nasi beserta makanan lain, seperti gandum dan kentang bisa melapisi lambung. Nasi bisa mengurangi efek pencernaan dan memiliki sifat menenangkan perut. Jenis makanan bertepung ini juga tidak diam di perut dalam waktu lama. Nasi tidak merangsang refluks asam yang membuat kondisi perut memburuk.

Saus Apel

Saus apel biasanya lebih diminati orang yang sedang sakit perut karena lebih mudah dicerna. Selain meredakan diare, saus apel juga bisa menjadi sumber kalori. Kulit apel mengandung pektin, yakni sejenis serat yang ampuh melawan konstipasi. Bila seseorang terkena sembelit, apel bisa diandalkan. Saat terserang diare, saus apel bisa jadi pilihan.

Roti

Roti tidak akan menyebabkan acid reflux sehingga baik dikonsumsi saat sakit perut. Roti juga tidak tinggal lama di perut seperti makanan tinggi lemak. Namun saat sakit perut, hindari selai atau mentega saat menyantap roti.

Sup

Kaldu sangat bagus untuk sakit perut. Kandungan cairan dan garam yang tinggi akan membantu terhidrasi. Garan ketika ada di dalam darah akan membantu menarik cairan. Sup atau kaldu apabila tidak dimasak dalam lemak akan sangat mudah dicerna. Apabila memiliki darah tinggi, sebaiknya konsumsi kaldu yang rendah garam.

Crackers

Sama seperti nasi, crackers mempunyai sifat menenangkan. Bahkan biskuit renyah ini sering direkomendasikan dikonsumsi pada wanita hamil saat mengalami morning sickness. Beberapa laporan menyebutkan, crackers bisa menyerap asam lambung. Namun hal itu belum sepenuhnya bisa dibuktikan.

Teh Herbal

Teh herbal tanpa kafein bisa menstimulasi refluks asam dan membantu menjinakkan perut. Chamomile merupakan salah satu teh herbal favorit meskipun ada banyak jenis teh herbal lain yang bagus dikonsumsi. Namun jauhi teh peppermint yang menyebabkan asam dan isi perut seolah naik ke kerongkongan, serta mengalami mules.

Air Kelapa

Air kelapa dipercaya bisa membantu menenangkan perut. Kandungan gula alaminya bisa menjadi sumber kalori. Selain mengandung kalium, air kelapa juga diperkaya vitamin C.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement