Senin 22 Oct 2018 06:00 WIB

Diet Dapat Menguatkan Tulang Lebih dari Olahraga

Studi menemukan diet ditambah olahraga teratur bisa lebih memperkuat tulang

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pelaku diet
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pelaku diet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin pernah bertanya-tanya apakah nutrisi atau olahraga lebih baik untuk tulang. Sebuah penelitian baru, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, menunjukkan bahwa ketika menyangkut kekuatan tulang, diet adalah yang terpenting. Dengan membandingkan hasil dari tikus yang diberi diet suplemen mineral termasuk kalsium dan fosfor.

Mereka yang memakai rejimen olahraga, para peneliti dari University of Michigan menemukan bahwa nutrisi menyebabkan kekuatan tulang yang lebih besar daripada olahraga. Sementara itu yang mengejutkan mereka, bahkan setelah tikus berhenti berolahraga, mereka mempertahankan kekuatan tulang mereka selama mereka melanjutkan diet yang kaya akan suplemen mineral ini.

David Kohn, profesor di sekolah kedokteran gigi dan teknik di The University of Michigan mengatakan kepada Science Daily seperti yang dilansir melalui Mindbodygreen bahwa temuan ini dapat memiliki implikasi mendalam pada proses penuaan. Kepadatan tulang puncak terjadi pada awal 20-an dan kemudian mulai menurun. Kohn menyarankan bahwa jika kita dapat menentukan bagaimana memaksimalkan kepadatan tulang sebelum kemundurannya, tingkat kemunduran bisa melambat. 

Apalagi kita tahu olahraga menjadi lebih sulit dengan usia dan fakta bahwa diet bisa menjadi solusi yang menjanjikan. Meskipun temuan ini menunjukkan nutrisi lebih penting daripada olahraga untuk kekuatan tulang, studi ini menemukan bahwa diet suplemen mineral dikombinasikan dengan olahraga teratur mengarah ke kekuatan tulang yang optimal lebih cepat daripada nutrisi tanpa olahraga.

Dana Cohen, M.D., menunjukkan bahwa meskipun mengonsumsi kalsium penting untuk kesehatan tulang, itu bahkan bisa lebih efektif bila dikonsumsi dengan vitamin D dan vitamin K2. Vitamin D membantu tubuh lebih cepat menyerap kalsium, dan vitamin K2 mengaktifkan protein yang disebut osteocalcin, yang merangsang penggabungan ion kalsium dan mineral tulang. Magnesium juga merupakan pemain yang sangat penting dan sering dilupakan dalam kesehatan tulang.

Jangan khawatir jika Anda tidak tertarik untuk mendapatkan kalsium melalui susu ada cara lain. JJ Virgin, ahli nutrisi dan kebugaran selebriti, menawarkan pilihan-pilihan yang tidak mengandung susu untuk membangun kesehatan tulang Anda. Itu bisa semudah menghabiskan waktu di bawah sinar matahari; vitamin D, makan lebih banyak hijau; kalsium, atau menggabungkan latihan kekuatan ke dalam rutinitas Anda yakni peningkatan kepadatan tulang.

Meskipun tampaknya diet lebih penting daripada olahraga. Jika Anda mencari tulang yang kuat, diet dan olahraga yang diperkaya mineral adalah cara yang tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement