Selasa 16 Oct 2018 19:48 WIB

Catat, Ini Cara Mudah Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Hindari duduk terlalu dan aktif bergerak jadi kunci meningkatkan metabolisme tubuh

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Aktif bergerak belum tentu sudah cukup melakukan olah raga. Patokannya, perhatikan denyut jantung tak semata keringat yang keluar.
Foto: Republika/Prayogi
Aktif bergerak belum tentu sudah cukup melakukan olah raga. Patokannya, perhatikan denyut jantung tak semata keringat yang keluar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tinggi atau rendahnya sistem metabolisme tubuh ditentukan dari banyak hal, tidak hanya asupan makanan tetapi juga aktivitas harian yang dilakukan. Marcus Rice, seorang personal trainer, mengatakan olahraga memegang peranan penting dalam hal ini. 

Selain olahraga dan menjaga asupan makanan, ada banyak aktivitas lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Tanpa disadari, beberapa diantaranya sering kita lakukan setiap hari. 

Tidur 7-9 jam sehari

Tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih sulit menurunkan berat badan. Kekurangan waktu tidur dapat meningkatkan hormon lapar sehingga meningkatkan keinginan untuk makan.

"Saat lelah, tubuh membutuhkan gula, jadi Anda akan makan lebih banyak," kata Marcus dikutip POPSUGAR. Oleh karena itu, Marcus sangat menyarankan untuk memenuhi kebutuhan tidur setiap harinya. 

Konsumsi protein

Mengonsumsi protein sangat baik untuk memperbaiki metabolisme. Marcus menyarankan untuk mengonsumsi 0,7 sampai 1,1 gram protein setiap 0,5 kilogram berat badan.

Artinya, jika Anda memiliki berat badan 50 kilogram, Anda harus mengonsumsi 110 gram protein. Makanan yang mengandung pritein terbaik seperti tahu, ikan, dan telur. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement