Kamis 11 Oct 2018 02:18 WIB

Tahukah Anda Benda Penuh Bakteri di Restoran?

Anehnya, benda terkotor di restoran tidak terdapat di toilet.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Wadah lada dan garam.
Foto: Pxhere
Wadah lada dan garam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelumnya sebuah penelitian menunjukkan bahwa lembaran menu merupakan benda paling kotor di restoran. Buku menu menyimpan sekitar 185 ribu bakteri, yang jumlahnya lebih banyak dari dudukan toilet. Anehnya, benda paling kotor di restoran setelah buku menu tidak terdapat di toilet.

Berdasarkan laporan laman Reader's Digest, pengocok lada menjadi benda penuh bakteri yang terdapat di restoran. Tidak hanya pengocok lada, beberapa tempat bubuk bumbu lainnya, seperti garam, gula, dan keju juga penuh bakteri. Menurut penelitian yang dilakukan ABC News, jumlah bakteri pada pembumbung lada mencapai lebih dari 11 ribu bakteri.

Baca Juga

"Sebagian besar botol hanya dibersihkan menggunakan lap basah," kata Direktur Operasional ConsumerSafety.org Jonas Sickler. Beberapa restoran biasanya hanya mengumpulkan botol dan mengisi ulang namun tidak dibersihkan secara benar. Bahkan botol pengocok garam atau lada yang terkontaminasi bakteri tidak hanya milik restoran tetapi juga di rumah tangga.

Apabila ingin masakan yang lebih berbumbu sebaiknya mintalah koki di restoran yang menambahkannya langsung sebelum tersaji di meja. Penelitian ini juga berguna bagi mereka yang menyukai makanan lebih pekat garam.

Ini menjadi kesempatan untuk mengurangi natrium. Restoran hanya satu dari 14 tempat lain yang rentan kuman. Di antara tempat lain, kamar tidur menjadi salah satunya.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement