Rabu 10 Oct 2018 11:47 WIB

Clean Eating, Cara Conor McGregor Pertahankan Kondisi Tubuh

Yang pertama dilakukan McGregor saat bangun tidur adalah meminum air putih.

Rep: MGROL110/ Red: Israr Itah
Conor McGregor
Foto: EPA-EFE/JUSTIN LANE
Conor McGregor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Conor McGregor baru saja menelan kekalahan pada UFC 229 di T Mobile Arena, Las Vegas, AS, Ahad (7/10) lalu. Ia menyerah lewat satu kuncian di leher oleh Khabib Nurmagomedov. Terlepas dari empat kekalahan yang pernah diderita sepanjang kariernya, tak dapat dimungkiri McGregor adalah bintang pada ajang tarung bebas.

Menjaga tetap di puncak penampilan pada usia menginjak 31 tahun bukan perkara mudah. Menjalani clean eating tampaknya jadi salah satu faktor yang mendorong kesuksesan bintang UFC ini selama bertahun-tahun, seperti dikutip dari Irish Mirror, Rabu (10/10).

Baca Juga

Clean eating pada dasarnya bukanlah suatu diet, namun lebih ke cara hidup dan pemilihan makanan sehat untuk dikonsumsi. Konsumsi bahan makanan diolah sealami mungkin, tidak diperkenankan menyantap makanan instan atau yang mengandung pengawet serta penambah rasa. 

Pelatih McGregor John Kavanagh, sebelumnya pernah mengunggah gambar lemari es di Las Vegas Mansion, tempat tim McGregor mempersiapkan pria Irlandia ini untuk pertarungannya dengan Jose Aldo beberapa tahun lalu. Kulkas mereka menampung salmon, ayam, steak, buah, dan sayuran.

"Seperti itulah lemari es bagi sekelompok primata pintar. Salmon, ayam, steak, buah, dan sayuran. Itu saja,” tulis Kavanagh melalui akun Twitter-nya pada 2015. "Kalau kamu pikir kami punya roti di rumah ini, maka kamu belum memperhatikan." 

Sebelumnya, McGregor juga sudah mengungkapkan asupan bahan bakar yang ia masukkan ke tubuhnya. Bukan seorang yang suka bangun pagi, menjaga pola makan menjadi alternatif yang baik bagi pria Irlandia itu untuk menjaga performanya.

Yang pertama dilakukan McGregor saat bangun tidur adalah meminum air putih. McGregor selalu memastikan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum meminum kopinya. Sebab, mengonsumsi air putih selepas bangun baik untuk sistem pencernaan dan metabolisme.

“Aku meminum airku dulu karena Anda tidak mau minum kopi lebih dulu di pagi hari. Anda memiliki air terlebih dahulu, pastikan kamu mendapatkan air,” katanya kepada Mens Journal.

Seperti kebanyakan anjuran untuk mengonsumsi buah-buahan sebelum memakan hidangan utama, McGregor juga melakukannya. The Notorious akan memakan pisang terlebih dahulu dan meminum kopi pertamanya beberapa menit sebelum makan.

"Kemudian saya makan pisang dan mungkin akan sarapan beberapa saat kemudian, lalu saya akan minum kopi pertama saya. kemudian saya akan makan omelet dan Americano,” kata dia.

Ini sudah menjadi rutinitas McGregor hingga saat ini. Ia juga tidak pernah mengonsumsi makanan cepat saji. Bahkan untuk makanan manis pun ia hanya mengonsumsinya sesekali. Pria Irlandia itu lebih sering mengonsumsi daging, sayuran, karbohidrat berkualitas bagus seperti ubi jalar dan butternut squash (makanan dari labu).

"Saya hanya mencoba untuk menerapkan clean eating,” tegasnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement