Senin 08 Oct 2018 12:16 WIB

Bosan di Masa Pensiun? Coba 4 Kegiatan Menghasilkan Ini

Menghindari kebosanan bisa memulai hobi yang menghasilkan uang

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Perencanaan dana pensiun yang kurang matang membuat masa kerja diprediksi jadi lebih lanjang demi memenuhi kebutuhan hidup di masa datang.
Foto: seniornet.com
Perencanaan dana pensiun yang kurang matang membuat masa kerja diprediksi jadi lebih lanjang demi memenuhi kebutuhan hidup di masa datang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masa pensiun dengan waktu luang melimpah mungkin menjadi hal yang dinanti-nanti banyak karyawan atau pekerja berusia lanjut. Akan tetapi, memiliki banyak waktu luang melimpah tak selamanya terasa menyenangkan. Salah satu masalah yang kerap menghantui saat memiliki banyak waktu luang adalah rasa bosan.

Rasa bosan pada pensiunan sebaiknya tidak dianggap sepele karena rasa bosan dapat memicu timbulnya perasaan depresi. Pensiunan memiliki kecenderungan 40 persen lebih besar untuk mengalami depresi dibandingkan pekerja aktif.

Salah satu cara menghindari kebosanan di masa pensiun adalah dengan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. USA Today mengungkapkan ada empat ide kegiatan di masa pensiun yang tak hanya bermanfaat tetapi juga dapat memberi penghasilan tambahan bagi para pensiunan. Berikut ini adalah keempat kegiatan tersebut.

Mulai Berbisnis

Jika memiliki jiwa berbisnis, tak ada salahnya jika pensiunan mulai merintis bisnis sendiri. Sebagai pemilik bisnis, pensiunan memiliki waktu yang sangat banyak untuk mengembangkan bisnis tersebut. Saat bisnis mulai berjalan baik, pensiunan bisa mempekerjakan orang baru untuk membantunya agar tidak kewalahan.

Menguangkan Hobi

Jika tak memiliki jiwa berbisnis, pensiunan tetap memiliki peluang untuk melakukan kegiatan bermanfaat dan menguntungkan. Salah satunya dengan menekuni hobi yang selama ini mungkin terabaikan karena pekerjaan.

Menekuni hobi selama masa pensiun tak hanya akan terasa menyenangkan tetapi dapat membuka peluang terciptanya pemasukan baru. Sebagai contoh, pensiunan yang menggemari kerajinan tangan bisa menjual karya-karyanya secara online atau di pasar-pasar tradisional. Beragam hobi lain yang bisa ditekuni semasa pensiun adalah fotografi hingga memasak.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement