Senin 08 Oct 2018 10:01 WIB

Ketika Sudah Diet tapi tak Juga Kehilangan Berat Badan (1)

Stres hingga kurang tidur berpengaruh besar pada upaya diet.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Upaya menurunkan berat badan dipengaruhi oleh beragam faktor, tak hanya makanan.
Foto: Pxhere
Upaya menurunkan berat badan dipengaruhi oleh beragam faktor, tak hanya makanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda telah membaca semua petunjuk kesehatan secara daring, Anda telah mencoba semua diet, dan Anda telah bekerja keras selama berjam-jam di gym. Tapi Anda masih belum kehilangan berat badan.

Meskipun ada banyak rencana dan cara di luar sana yang menjanjikan penurunan berat badan untuk semua orang, tidak ada rencana tunggal yang akan menghasilkan efek yang sama untuk semua orang. Bagaimanapun, tubuh setiap orang berbeda. Sementara satu orang dapat menurunkan berat badan mencoba diet keto, yang lain mungkin tidak melihat hasil yang sama.

Baca Juga

Ada berbagai macam alasan potensial mengapa pencarian berat badan Anda tidak sesukses yang Anda kira seharusnya. Berikut paparannya.

Tidak cukup makan

Ketika Anda memasuki defisit kalori, Anda mungkin kehilangan berat badan pada awalnya. Tapi dalam jangka panjang, tubuh Anda dapat menurunkan metabolisme sebagai respons. Inilah sebabnya mengapa penghitungan kalori mungkin tidak seefektif yang Anda harapkan. Beberapa tanda yang menunjukkan bahwa Anda tidak mengonsumsi cukup kalori termasuk sakit kepala, terus-menerus merasa dingin, dan merasa lelah bahkan ketika Anda tidur delapan jam penuh.

Sakit

Tergantung pada jenis penyakit yang Anda alami, tubuh Anda dapat bereaksi dengan berbagai cara. Namun, itu mungkin selama virus sementara atau infeksi yang Anda kenakan beberapa kilogram. Jangan khawatir tentang perubahan ini. Cukup fokus untuk menjadi lebih baik. Setelah Anda sehat kembali, tubuh Anda akan seimbang kembali.

Stres

Stres jenis apa pun, stres tubuh, tekanan emosional, dan lainnya melepaskan hormon kortisol, yang dapat menyebabkan banyak efek samping termasuk penambahan berat badan. Untuk meminimalkan kortisol dalam sistem Anda, cobalah untuk menjaga stres seminimal mungkin. Taktik pengurangan stres, seperti bermeditasi atau mendengarkan musik, juga bisa efektif.

Kurang tidur

Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan Anda dengan cara yang lebih menakutkan daripada skala tidak cukup tidur dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, depresi, dan kehilangan memori. Tetapi itu juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Itu karena tidur Anda sebenarnya memiliki efek pada metabolisme Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan tingkat metabolisme istirahat Anda, yang merupakan tingkat di mana tubuh Anda menggunakan kalori ketika benar-benar beristirahat.

Kondisi medis

Penambahan berat badan adalah gejala yang sangat umum yang sering diabaikan. Orang-orang mungkin menganggap bahwa ada yang salah dengan diet atau frekuensi olahraga mereka daripada mencari kemungkinan alasan medis yang mereka pakai untuk pound.

Kondisi tiroid, pengobatan penyakit tertentu, sindrom ovarium polikistik, dan diabetes hanyalah beberapa kasus medis umum yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan, terlepas dari kebiasaan gaya hidup atau diet. Jika berat badan Anda bertambah dan Anda tidak tahu mengapa, bicarakan dengan dokter Anda tentang apa yang mungkin terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement