Sabtu 06 Oct 2018 06:28 WIB

Meracik Dumpling ala Crazy Rich Asians

Bahan segar menjadi kunci kelezatan dumpling jiaozi.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Dumpling atau pangsit kukus jiaozi.
Foto: Republika/Retno Wulandhari
Dumpling atau pangsit kukus jiaozi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film Crazy Rich Asians akhir-akhir ini sering menjadi perbincangan para warganet di media sosial. Tidak hanya jalan ceritanya yang sangat menghibur, film ini juga berhasil membuat para penonton ngiler karena beberapa adegan memunculkan berbagai makanan khas Asia yang menggugah selera.

Mulai dari satai, kepiting pedas Singapura hingga aneka makanan basah yang disebut dengan kueh nyonya. Salah satu makanan khas Asia yang juga ditonjolkan yaitu dumpling atau pangsit kukus. Dumpling sebenarnya cukup mudah ditemukan di Indonesia. Hampir di setiap restoran yang mengusung makanan Cina pasti menyediakan menu ini.

Baca Juga

Bagi penggemar makanan olahan rumahan, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Caranya cukup mudah. Republika.co.id mendapat kesempatan untuk mengikuti workshop pembuatan dumpling jiaozi yang diadakan oleh outlet Din Tai Fung di Gandaria City, Jakarta.

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk membuat dumpling yang enak adalah memilih bahan-bahan yang segar agar adonan bisa dibentuk dengan mudah serta menghasilkan rasa yang sempurna. "Dalam menyajikan dumpling, Din Tai Fung sendiri membuatnya fresh by order artinya tidak memakai adonan frozen," kata Benediktus selaku District Manager Din Tai Fung, Jumat (5/10).

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat dumpling jiaozi cukup sederhana. Bahan terbagi menjadi dua bagian yaitu bahan kulit pembungkus dan bahan isian.

Untuk kulit pembungkus hanya terbuat dari tepung terigu dan air. Kedua bahan ini diaduk hingga menjadi adonan. Adonan yang sudah jadi dipotong-potong menjadi bagian kecil. Kemudian dipipihkan menggunakan penggilas adonan berupa stik.

Sedangkan isiannya  bisa menggunakan bahan-bahan sesuai selera. Menurut Suwito selaku Head Chef Din Tai Fung Gandaria City, bahan isian biasanya terdiri dari daging dan sayuran serta diberi tambahan bumbu. Bahan-bahan ini kemudian dicincang hingga halus.

"Di negara aslinya Taiwan, isian dumpling jiaozi umumnya daging babi, namun Din Tai Fung Indonesia menggantinya dengan daging ayam bagian dada," kata Suwito.

Setelah kulit pembungkus dan adonan isian jadi, proses selanjutnya yaitu mengisi atau suikiaw. Pada proses ini dibutuhkan ketelitian dan kesabaran yang tinggi terutama saat melipatnya. Sekilas model lipatannya jiaozi menyerupai pastel. Namun, lipatan jiaozi sedikit lebih sulit karena ukurannya yang kecil.

Setelah selesai mengisi, proses terakhir adalah mengukus. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, cukup kukus jiaozi kurang lebih selama 4,5 sampai 5 menit.

Pemilihan bahan serta proses masak yang tepat terbukti menghasilkan jiaozi yang nikmat. Saat digigit, tekstur jiaozi secara keseluruhan, mulai dari kulit hingga isian, terasa lembut. Tanpa tambahan saus apapun, cita rasa jiaozi sudah mampu membuat lidah bergoyang.

Bagi Anda yang tidak mau repot memasak sendiri, dumpling jiaozi ala Crazy Rich Asian ini bisa dinikmati di gerai-gerai Din Tai Fung di Indonesia. Salah satunya yang berlokasi di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement