Jumat 05 Oct 2018 05:47 WIB

Alasan Anda tidak Kunjung Sukses Turunkan Berat Badan (1)

Rencana penurunan berat mengandung banyak faktor yang berbeda bagi tiap orang.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Rajin menimbang berat badan ternyata berpengaruh pada upaya penurunan berat badan.
Foto: pixabay
Rajin menimbang berat badan ternyata berpengaruh pada upaya penurunan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda telah membaca semua nasihat kesehatan daring, Anda telah mencoba semua diet, dan Anda telah bekerja keras selama berjam-jam di gym. Tapi Anda masih belum kehilangan berat badan. Apa yang salah?

Meskipun ada banyak rencana dan cara di luar sana yang menjanjikan penurunan berat badan untuk semua orang, tidak ada rencana tunggal yang akan menghasilkan efek yang sama untuk semua orang. Bagaimanapun, tubuh setiap orang berbeda. Sementara satu orang dapat menurunkan berat badan mencoba diet keto, yang lain mungkin tidak melihat hasil yang sama.

Baca Juga

Ada berbagai macam alasan potensial mengapa pencarian berat badan Anda tidak sesukses yang Anda kira seharusnya. Apa sajakah?

Anda kurang minum air

Tubuh Anda membutuhkan air untuk memecah simpanan lemak. Ini adalah proses biologis, dan itu membutuhkan H2O. Menurunkan lemak juga bukan proses yang penting. Jadi jika tubuh Anda kekurangan pasokan air, itu akan menjadi salah satu hal pertama yang harus dihindari. Untuk mendorong pemecahan lemak yang tersimpan di tubuh Anda, tetap sedapat mungkin terhidrasi.

Anda tidak perlu menurunkan berat badan

Berat badan ideal Anda dalam hal penampilan bukanlah berat badan ideal Anda dalam hal kesehatan. Dan Anda kembali mendorongnya menjadi lebih rendah dari berat badan yang Anda butuhkan secara sehat. Serta bobot yang Anda butuhkan secara sehat bisa secara teoretis menjadi apa saja.

Ada banyak perdebatan di komunitas ilmiah sekarang tentang apakah mungkin menjadi gemuk dan sehat secara bersamaan. Sementara ada pendukung untuk kedua belah pihak, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa hasil kesehatan yang buruk hanya berkorelasi dengan berat badan yang lebih tinggi bukan disebabkan oleh itu.

Anda tidak fokus

Alasan lain yang membuat diet Anda gagal adalah Anda kurang memfokuskan perhatian pada pengalaman saat ini. Cukup dengan meluangkan waktu untuk bermeditasi, merenung, dan berada di saat ini, Anda dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tingkat hormon Anda telah terbukti seimbang, dan Anda mengalami penurunan jumlah kortisol dalam darah Anda. Kortisol memengaruhi berat badan dengan mendorong tubuh Anda untuk mempertahankannya. Ketika Anda penuh perhatian , tubuh Anda mungkin menjadi kurang cenderung untuk menahan kelebihan berat badan.

Terlalu banyak berolahraga

Memang benar bahwa pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) meningkatkan metabolisme dan kinerja latihan Anda dengan cepat. Namun, jika Anda melakukan latihan intensitas tinggi setiap hari, efek metabolik dari latihan tersebut mulai berkurang.

Sebaliknya, tubuh Anda menjadi stres karena terlalu banyak berolahraga dan mulai memperlambat metabolisme, benar-benar menambah berat badan. Beberapa latihan berdampak rendah, seperti berjalan kaki , mungkin merupakan ide yang baik untuk dimasukkan ke dalam rutinitas Anda.

Melawan ketagihan

Berdebat dengan keinginan Anda untuk cupcakes tidak akan membuatnya pergi. Itu akan membuatnya lebih kuat. Mengatakan "tidak" pada makanan favorit Anda hanya menambahkan bahan bakar ke api dengan membuat Anda ingin hal yang Anda katakan tidak dapat Anda miliki. Ini psikologi, mengidam dan kecanduan gula adalah mitos. Ketika Anda menghilangkan makanan ini, Anda sebenarnya lebih mungkin memakannya dalam jangka panjang, dan dalam jumlah yang lebih besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement