Kamis 04 Oct 2018 05:37 WIB

Perlukah Menyimpan Mentega di Kulkas?

Komposisi mentega berbeda dengan susu hingga tidak mudah mengundang bakteri.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Mentega
Foto: Flickr
Mentega

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengoleskan mentega di atas roti tawar lalu memanggangnya dianggap banyak orang sebagai salah satu menu sarapan simpel dan enak. Mentega memang kunci dalam menyajikan roti nan gurih. Lalu bagaimana cara menyimpan mentega agar awet dan tetap nikmat?

Apakah Anda termasuk tipe yang menyimpan mentega di kulkas? Jika ya, Anda wajib menyimak penjelasan yang satu ini. Dalam sebuah artikel yang diunggah di Reader's Digest, terungkap bahwa mentega ternyata tidak perlu disimpan di lemari es.

Baca Juga

Jika disimpan di kulkas, mentega malah jadi keras. Akibatnya mentes susah susah dioleskan di permukaan roti.

Mungkin Anda berpikir karena mentega adalah produk turunan susu maka sebaiknya disimpan di kulkas agar awet. Pemikiran itu salah besar. Untuk diketahui, USDA menggolongkan mentega sebagai makanan yang awet dan aman dimakan walau disimpan dalam suhu ruangan.

Mentega punya komposisi yang berbeda dengan susu sehingga tidak mudah mengundang bakteri. Sebanyak 80 persen kandungan mentega adalah lemak. Artinya, kandungan air di mentega sangat sedikit sehingga kecil kemungkinan menjadi sarang bakteri.

Mentega juga biasanya dibuat dari susu pasteurisasi. Oleh karenanya mentega cenderung aman dari kontaminasi bakteri. Selain itu, mentega juga mengandung garam yang mampu menjauhkannya dari pertumbuhan bakteri. Namun jika mentega yang Anda miliki tidak mengandung garam, maka  harus menyimpannya di kulkas.

Jadi, mulai sekarang Anda bisa merasa aman apabila meletakkan mentega di lemari atau wadah penyimpanan biasa. Mentega akan tetap dalam kondisi baik asalkan tidak terpapar oksigen atau cahaya.

Dalam keadaan terbuka, mentega dapat bertahan selama sepekan. Maka dari itu, ambil sedikit demi sedikit mentega agar tak berkali-kali terkena udara atau cahaya. Sisanya dapat disimpan untuk keperluan di lain waktu.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement