Selasa 25 Sep 2018 10:57 WIB

Bahan Alami yang Ampuh Hilangkan Komedo

Sejumlah bahan dapur sanggup mengangkat komedo jika dilakukan secara rutin.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Indira Rezkisari
Buah nanas
Foto: pixabay
Buah nanas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selain jerawat, komedo terbuka atau blackhead adalah permasalahan kulit yang paling ditakuti perempuan. Warnanya yang hitam membuat kulit terlihat tidak bersih dan seperti berongga. Tentunya ini akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dan tidak nyaman dengan wajahnya.

Namun, bagi Anda yang memiliki permasalahan kulit wajah ini tidak perlu khawatir. Jika sudah lelah melakukan perawatan salon tetapi tidak ada hasil, Anda bisa melakukan perawatan alami sendiri di rumah. Meski beberapa terkesan cara lama, setidaknya perawatan alami ini menyehatkan dan aman untuk kulit.

Baca Juga

Nanas

Selain menyegarkan untuk dimakan, buah nanas memiliki manfaat yang ampuh untuk kulit wajah karena mengandung bromelain. Menggosokkannya akan membantu mengangkat kulit mati pada wajah. Untuk menambahkan kelembabab pada kulit, sebaiknya tambahkan yogurt saat menggosokkannya.

Caranya, mulailah dengan menghancurkan 1 cangkir nanas menggunakan mesin blender, lalu tambahkan setengah cangkir yogurt dan aduk rata. Kemudian hancurkan kembali menggunakan blender dengan kecepatan rendah. Setelah teksturnya lembut, tambahkan 1 sendok makan gula merah. Aplikasikan pada zona T dan pusatkan di sekitar hidung. Gosok perlahan, kemudian basuh dengan air hangat.

Minyak kelapa

Minyak kelapa sudah lama menjadi bagian dari ritual perawatan kulit wajah perempuan zaman dulu. Minyak kelapa bisa meresap ke pori-pori dan mengangkat komedo tanpa menyumbatnya kembali.

Caranya, panaskan minyak kelapa menggunakan microwave semala beberapa menit lalu diamkan sejenak hingga dingin. Kemudian tambahkan dua sendok makan perasan lemon. Setelah itu aduk dan aplikasikan pada wajah dengan memfokuskannya di area paling banyak komedo. Lakukan selama 10 menit kemudian basuh dengan air dingin.

Oatmeal

Oatmeal juga ampuh mengangkat sel kulit mati pada wajah yang merupakan akar utama penyebab komedo. Untuk mendapatkan manfaatnya, mulailah dengan mencampurkan seperempat sendok makan oatmeal, masing-masing dua sendok makan yogurt dan madu mentah.

Aduk ketiga bahan ini dan tambahkan minyak zaitun. Lalu aplikasikan pada wajah dan biarkan mengering. Setelah 10 menit basuh wajah menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin satu atau dua kali seminggu.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement