Jumat 21 Sep 2018 07:41 WIB

Ini Sosok Konglomerat Yang Borong Kursi Ke Bulan SpaceX

Yusaku Maezawa adalah miliarder asal Jepang pemilik Zozotown

Rep: Nora Azizah / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Yusaku Maezawa, penumpang pertama SpaceX yang juga pemilik ecommerce Zozotown
Foto: japantimes.co.jp
Yusaku Maezawa, penumpang pertama SpaceX yang juga pemilik ecommerce Zozotown

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belum lama ini nama Yusaku Maezawa ramai diberitakan media masa dunia. Miliarder asal Jepang tersebut berkunjung ke markas SpaceX di Hawthorne, California, Amerika Serikat (AS). Ia berdiri dihadapan banyak wartawan AS dan mengumumkan bahwa dirinya akan terbang ke bulan bersama SpaceX.

"Saat saya masih kecil, saya sangat menyukai bulan," kata Maezawa pada The Washington Post. Hanya dengan menatap bulan, ia bisa mendapatkan inspirasi.

Ketika SpaceX membuka penawaran berwisata ke bulan pada 2023 mendatang, Maezawa tidak bisa melewatkan kesempatan tersebut. Hebatnya, ia tidak hanya memesan satu kursi saja tetapi seluruh kursi dalam wisata ke bulan selama sepekan.

Pria berusia 42 tahun yang juga pengusaha terkenal ini akan menjadi turis pertama yang berani memesan bangku untuk perjalanan mengelilingi bulan. Maezawa merupakan sosok pengusaha yang terkenal di Jepang.

Namanya bahkan menduduki peringkat ke-18 dari 50 orang terkaya di Jepang versi Forbes 2018. Ia merupakan miliarder e-commerce yang menyukai seni.

Sebelum menjadi pengusaha, Maezawa merupakan seorang musisi dan pernah membentuk grup musik. Namun profesi itu ia tanggalkan dan berubah menjadi pengusaha e-commerce Zozotown.

Saat ini, perusahaannya memiliki sekitar 6300 merek produk dan ditangani 900 orang karyawan. Pada Juli lalu, Zozotown meluncurkan made-in-house dengan nama Zozo dan sudah tersedia di 72 negara. Saat ini, Maezawa memiliki kekayaan bersih 2,9 miliar dolar AS. 

Sebelumnya perusahaan transportasi ruang angkasa SpaceX mengumumkan nama penumpang pertamanya. Dia adalah Yusaku Maezawa, pendiri sekaligus Direktur Eksekutif ritel fashion daring Zozo.

Pemilik SpaceX Elon Musk sebelumnya juga sudah membocorkan ciri-ciri penumpang pertamanya. Musk sempat mencuitkan gambar bendera Jepang lewat akun Twitternya pada pekan lalu.

Kemudian, dia mencuitkan gambar Big Falcon Rocket (BFR) yang akan menjadi kendaraan pengangkut penumpang dari bumi menuju bulan. Roket itu juga direncanakan dapat menerbangkan manusia serta kargo ke Mars.

Meski BFR belum selesai dibangun, Musk menyebut roket itu akan siap untuk perjalanan tanpa pilot ke Mars pada 2022. Sementara, pada 2024, roket itu sudah siap terbang dengan membawa kru.

Untuk saat ini, SpaceX berencana untuk terbang mengorbit bulan. Belum diketahui, berapa biaya yang dibayarkan Maezawa untuk perjalanan tersebut.

Selain SpaceX, perusahaan milik Jeff Bezos Blue Origin dan perusahaan milik Richard Branson Virgin Galactic berlomba-lomba untuk meluncurkan penerbangan ke ruang angkasa. Penumpang SpaceX akan menyusul sejumlah nama selebritas dan orang-orang super kaya dunia yang telah memastikan kursi dari sejumlah perusahaan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement