Kamis 20 Sep 2018 17:11 WIB

Dapatkah Zat Besi Menyembuhkan Jerawat?

Dokter kulit menyebut belum ada bukti ilmiah zat besi bisa obati jerawat

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Wajah berjerawat
Foto: Boldsky
Wajah berjerawat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada begitu banyak perawatan untuk kulit berjerawat yang bisa anda dapatkan informasinya melalui website ataupun blog kecantikan. Akhir-akhir ini pengobatan jerawat menggunakan zat besi (zinc) menjadi perdebatan di kalangan ahli kulit 

Sebenarnya ada dua cara zat besi berpotensi mengobati jerawat yakni secara oral melalui suplemen atau secara topikal dalam krim atau serum. Bahkan zinc oxide sudah memiliki beberapa penggemar yang menyatakan itu cukup bekerja untuk jerawat mereka. Orang-orang ini menghubungkannya dengan efek antibakteri dan anti-inflamasi zat besi, yang berpotensi menenangkan lesi jerawat yang paling berat. 

Sifat-sifat ini juga bisa menjadikan zat besi sebagai pengobatan untuk masalah kulit inflamasi lainnya seperti rosacea dan eksim. Studi yang telah menyelidiki zat besi saja atau zat besi dalam kombinasi dengan obat lain telah menemukan bahwa zat besi memang dapat membantu mengurangi jerawat. Hal tersebut dikatakan oleh Sejal Shah, seorang dokter kulit bersertifikat di New York City.

Dilansir melalui Allure, Shari Marchbein juga seorang dokter kulit bersertifikat di New York City mengatakan bahwa zat besi sebenarnya tidak sangat membantu untuk perawatan jerawat.“Tidak ada bukti ilmiah yang bagus untuk zat besi oral dalam pengobatan jerawat,” kata Marchbein.

Meskipun pada dasarnya fakta sementara, ya, secara teknis ada bukti zat besi bisa mengobati jerawat, tapi tidak seefektif perawatan jerawat lainnya. Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Gunung Sinai di New York City pun menyetujui hal itu.

 “Suplemen zinc tidak dianggap sebagai terapi lini pertama, dan umumnya, tidak bekerja sebaik perawatan jerawat tradisional,” katanya Zeichner. “Saya tidak percaya bahwa perawatan jerawat menggunakan zat besi itu akan efektif dan aman

Meskipun begitu tidak berarti zat besi tidak memiliki tempat dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Dan secara topikal, zat besi dapat digunakan sebagai pengobatan spot samping untuk noda cystic yang membandel. 

Untuk saat ini, bukti di balik zat besi untuk jerawat masih perdebatan. Jika Anda ingin mencobanya, lakukanlah tapi jangan berharap untuk secara radikal mengubah jerawat Anda. Dan sebelum Anda mulai mengonsumsi suplemen baru apa pun seperti zat besi atau lainnya, pastikan Anda berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement