Rabu 19 Sep 2018 17:58 WIB

Menghargai Waktu Daripada Uang Ternyata Membuat Bahagia

Orang yang menghargai waktu umumnya lebih banyak bergaul dengan rekan kerja

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Peran sahabat di kantor (Ilustrasi)
Foto: Google
Peran sahabat di kantor (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada dua tipe orang jika kita melihatnya lebih cermat, yakni orang yang menghargai waktu dan orang yang menghargai uang.  Makalah yang diterbitkan baru-baru ini di Journal of Social and Personal Relationships, menemukan bahwa memilih waktu di atas uang mendorong interaksi sosial yang lebih banyak. 

Orang-orang yang mengatakan waktu mereka adalah sumber yang lebih penting bagi mereka untuk terlibat dalam perilaku membangun hubungan yang lebih. Mereka menghabiskan 18 persen lebih banyak waktu bersosialisasi dengan rekan baru daripada mereka yang mengatakan mereka menyimpan uang lebih dekat ke hati mereka. Bahkan mereka juga bergaul lebih banyak dengan rekan kerja selama sepekan.

“Orang-orang yang menghargai uang lebih dari waktu kurang tertarik dalam interaksi sosial bahkan dengan kemampuan mereka untuk belajar atau bekerja,” kata studi itu. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa orientasi kronis orang untuk menilai waktu dan uang juga dapat mempengaruhi penggunaan waktu dengan implikasi yang mungkin untuk kesejahteraan subjektif.

Karena interaksi sosial cenderung mengarah pada lebih banyak kebahagiaan seperti yang dilansir melalui Mindbodygreen, studi ini menunjukkan orang yang cenderung menghargai waktu demi uang juga cenderung memiliki lebih banyak kebahagiaan dalam hidup mereka.

Seseorang yang menghargai uang mungkin tidak melihat masalah dalam melakukan pekerjaan 60 jam per pekan. Sedangkan seseorang yang menghargai waktu mungkin memprioritaskan memiliki jadwal kerja yang fleksibel ketika memilih pekerjaan karena mereka ingin dapat bergaul dengan anak-anak, melakukan perjalanan, atau mengejar hobi yang membuat mereka menjadi hidup.

Meskipun tidak ada yang salah dengan menikmati hal-hal yang dapat mendatangkan kekayaan finansial bagi Anda, hal penting yang perlu diambil di sini adalah memastikan nilai-nilai yang menuntun Anda menuju pengembangan hubungan yang penting. 

Tentu saja lebih banyak uang di bank dapat berarti memiliki kemampuan untuk melakukan perjalanan dan pengalaman yang lebih lama serta lebih harmonis dengan keluarga atau teman. Hal itu juga dapat membebaskan Anda dari dipaksa bekerja berjam-jam di kantor, sedikit berlibur.

Jika Anda merasa diri Anda cenderung untuk menggemukkan dompet, pastikan Anda juga memberi energi pada hal-hal yang pada akhirnya akan membawa sukacita bagi Anda dan itu biasanya berarti lebih banyak waktu berkualitas dengan orang-orang yang Anda cintai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement