Ahad 16 Sep 2018 08:18 WIB

Ilmuwan: Susu Segar Paling Bagus dan Sehat

Dalam susu segar terkandung 10 macam vitamin dan mineral.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Wanita sedang memilih susu sapi di rak supermarket.
Foto: EPA
Wanita sedang memilih susu sapi di rak supermarket.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan nutrisi, Dr Matthew Lantz Blaylock, PhD mengatakan, susu segar atau fresh milk merupakan susu yang memiliki kandungan paling baik, dan sehat, dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Dalam susu segar juga tidak terkandung bahan kimia.

"Susu jelas secara umum dari sapi, dan sumber sari nutrisi yang seimbang, mengandung lemak, protein vitamin, dan mineral. Dari sapi menghasilkan fresh milk, yang paling bagus dan sehat," kata Matthew di Jakarta, Jumat (14/9), dalam acara bersama susu Greenfields.

Baca Juga

Ia melanjutkan, susu segar dapat diolah dalam berbagai macam proses. Ada juga susu bubuk, namun ini tidak sama kualitasnya dengan kandungan yang ada dalam susu segar.

Sebelum dikemas susu harus dipasteurisasi. Susu mentah berbahaya terdapat banyak bakteri, sehingga penting untuk dilakukan pasteurisasi untuk membunuh semua kuman. Proses pasteurisasi berbeda dengan proses membuat susu bubuk. Dalam susu bubuk, susu diolah dalam beberapa langkah, sehingga membuat kualitasnya berkurang dan banyak vitamin yang hilang

"Kemudian juga sering orang minum susu kaleng, itu lebih ke permen hanya sedikit rasa susu. Saya tidak anjurkan, fokus pada fresh milk karena segar," kata dia.

Terdapat berbagai macam jenis susu seperti whole milk, skim milk dan lainnya. Namun menurut Matthew semuanya memiliki kandungan yang sama, yang berbeda hanya pada skim milk dengan muatan lemak yang dikurangi.

Matthew mengatakan, dalam susu segar terkandung 10 macam vitamin dan mineral. Susu segar baik untuk diberikan kepada anak-anak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement