Jumat 14 Sep 2018 07:22 WIB

Air Dingin Membantu Diet? Berikut Penjelasannya.

Meski tak turunkan berat, air dingin bisa menjaga tubuh tak alami dehidrasi

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Minum air putih
Foto: Sciencealert
Minum air putih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin pernah mendengar bahwa meminum air dingin dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. Akan tetapi sayangnya, tip itu hanyalah mitos belaka. 

Meskipun masuk akal untuk berpikir bahwa tubuh Anda akan menggunakan lebih banyak energi untuk memanaskan air hingga suhu intinya, penelitian telah menemukan bahwa jumlah kalori yang terbakar terlalu minim untuk benar-benar membuat perbedaan. Namun, minum air dingin memang menawarkan manfaat di luar penurunan berat badan.

Baca Juga

Dilansir dari Popsugar, Jacqueline Schaffer, MD, seorang dokter medis bersertifikat, mengatakan air dingin dapat meningkatkan sirkulasi darah di permukaan kulit secara khusus, yang dapat menyebabkan kulit bercahaya. 

photo
Angkat Beban. Ilustrasi

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa meminum air dingin selama berolahraga dapat menurunkan dehidrasi dan membuat Anda merasa kurang lelah. Hal tersebut membantu Anda berolahraga lebih lama. Alasannya karena itu membantu menjaga suhu tubuh inti Anda menjadi dingin.

Tetapi terlepas dari suhu air Anda, yang paling penting adalah Anda minum air putih. Dehidrasi bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng karena dapat menyebabkan kelelahan, mudah tersinggung, kram otot, pusing, dan sakit kepala, dan bahkan menyebabkan metabolisme Anda melambat tanpa kemampuan membuang kotoran. 

Aturan praktis yang baik adalah minum sekitar setengah dari berat badan Anda (dalam pound) dalam ons cairan. Kalau terlihat sulit memahaminya, cukup minum delapan gelas air putih dalam sehari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement