Kamis 13 Sep 2018 12:22 WIB

Crazy Rich Asians Buat Yellow Coldplay Puncaki Spotify

Lagu Yellow sempat ditolak Coldplay untuk ditampilkan dalam film Crazy Rich Asians.

Rep: MGROL 106/ Red: Indira Rezkisari
Film Crazy Rich Asians.
Foto: Warner Bros via AP
Film Crazy Rich Asians.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Siapa yang tidak mengenal lagu “Yellow” milik Coldplay? Lagu mendayu yang ditulis Chris Martin dan kawan-kawan pasti setidaknya pernah membuat salah satu pendengarnya menangis.

Lagu “Yellow” mungkin dapat dibilang sebagai lagu lama. Akan tetapi, baru-baru ini lagu tersebut dibawakan dalam bahasa Mandarin untuk diperdengarkan kepada masyarakat melalui film Crazy Rich Asians. Lagu “Yellow” dalam bahasa Mandarin ini berhasil menduduki urutan nomor satu di Spotify.

Menurut laman Malay Mail, Kamis (13/9), cover lagu hits dari grup musisi Inggris terkenal tersebut ditampilkan di adegan terakhir dalam film karya Jon M Chu. Lagu tersebut kini telah mencapai posisi teratas dalam kategori Spotify’s Viral 50 Global dan tangga lagu Malaysia. Lagu tersebut juga menduduki urutan nomor satu di tangga lagu Viral 50 di negara Amerika, Hong Kong, Kanada, dan Malaysia.

Single ini dinyanyikan oleh Katherine Ho, seorang kontestan keturunan Cina-Amerika di The Voice musim penayangan 10 di Amerika. Menurut laporan yang dirilis oleh The Hollywood Reporter, versi Mandarin dari lagu “Yellow” sebenarnya telah dipopulerkan oleh seorang penyanyi muda dari Beijing bernama Li Wenqi. Ia menyanyikan lagunya di The Voice of China. Li Wenqi sempat ditawari untuk menyanyikan kembali lagu tersebut untuk Crazy Rich Asians akan tetapi ia menolak.

Lagu yang dinyanyikan oleh Katherine Ho hampir tidak masuk dalam Crazy Rich Asians karena Coldplay menolak permintaan studio untuk memasukkan lagu tersebut ke dalam film. Meski demikian, sebuah surat dari Chu berhasil membuat Coldplay berubah pikiran dan membolehkan studio memuat lagu mereka ke dalam film.

“Kata ‘yellow’ selalu memiliki konotasi negatif dalam hidupku sampai aku mendengar lagumu. Lagu ini akan memberikan seluruh generasi Asia-Amerika dan yang lainnya untuk memiliki rasa kebanggaan tersendiri ketika mendengar lagu Anda,” tulis Chu dalam suratnya yang membicarakan tentang pentingnya lagu “Yellow” untuk orang Asia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement