REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belanja daring telah menjadi sebuah gaya hidup. Orang tak perlu lagi menghabiskan waktu di jalan untuk membeli keperluannya.
Director of Shopee Indonesia, Handhika Jahja, menjelaskan menurut data perusahaan niaga elektroniknya, ada beberapa kategori favorit pelanggan belanja daring. Terutama untuk periode kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day selama 14 hari dari 27 Agustus sampai 9 September 2018, ada tiga kategori yang laris. Yaitu kecantikan, perlengkapan rumah juga ponsel dan aksesoris.
Untuk produk kecantikan, ternyata masker wajah masih menjadi favorit pilihan pengguna wanita. Jumlah masker wajah yang terjual ini diklaim bisa melembabkan kulit pengguna selama lebih dari 500 tahun. Produk lainnya yang juga banyak dicari adalah lipstik, kosmetik seperti eyeliner dan sebagainya. "Barang yang banyak dicari adalah barang yang selalu digunakan, barangnya kecil dan mudah digunakan," ujarnya sela konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/9).
Untuk perlengkapan rumah, lampu, keset, handuk dan barang lainnya yang sering dan perlu diganti di rumah tergolong favorit. Selain itu, produk yang juga menjadi incaran konsumen adalah cctv. Jumlah cctv yang terjual pada 9 September 2018 mencapai tiga kali lipat lebih banyak dari jumlah cctv terintegrasi di Jakarta Smart City.
Dalam kampanye belanja daring tahunan terbesar yang telah dilaksanakan di tujuh negara ini, Shopee berhasil melampaui rekor tahun lalu pada pukul 07.43 pada 9 September. Rekor terbaru ini menjadi performa penjualan terbaik dalam sejarah Shopee. Yaitu lebih dari 5,8 juta transaksi dalam waktu 24 jam. Dan peningkatan transaksi lebih dari tiga kali lipat atau 300 persen dibandingkan hari biasanya.
"Lebih dari 15 juta produk terjual dalam 24 jam. Lebih menariknya lagi hanya dalam waktu kurang dari 9 menit, lebih dari 99.999 produk telah terjual ke pengguna di tujuh negara," jelas CEO Shopee, Chris Feng.
Menurutnya, merayakan tahun ketiga dari kampanye tahunan regional Shopee, acara tahun ini adalah yang terbesar. "Performa kampanye tahun ini sungguh melampaui ekspektasi kami, dan kami bangga telah mencapai penjualan yang luar biasa dengan dukungan dari pengguna setia Shopee, brand-brand dan mitra lainnya," ujarnya.
Shopee 9.9 Super Shopping Day mendapatkan dukungan lebih dari tujuh juta dan 10 ribu jenama dari seluruh wilayah. Di Indonesia, acara ini sukses digelar. Terbukti dengan penjualan yang berkontribusi lebih dari 40 persen dari total transaksi di tujuh negara.
Permainan in-app interaktif Goyang Shopee menjadi favorit para pengguna. Di Indonesia, permainan ini dimainkan lebih dari 54 juta kali.