Senin 10 Sep 2018 12:03 WIB

8 Ide Bisnis Kuliner Ini Mudah dan Menguntungkan

Banyak pebisnis yang melebarkan sayapnya di sektor kuliner.

Bisnis kuliner
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Bisnis kuliner

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa tahun terakhir, perkembangan bisnis kuliner berkembang pesat. Maklum saja, gaya hidup para millennial telah banyak memengaruhi industri yang satu ini. Suka kongko, dan keranjingan dengan berbagai makanan dan minuman unik.

Wajar saja bila banyak pebisnis yang melebarkan sayapnya di sektor kuliner. Karena memang bisnis ini dinilai sangat menjanjikan. Tapi, salah hal yang sering diperdebatkan adalah jenis bisnis kuliner seperti apa yang cocok untuk digeluti.

Apalagi di tengah modernisasi seperti sekarang, saat tingkat persaingan juga semakin tinggi. Tak perlu bingung dan harus dicoba, berikut tujuh ide bisnis kuliner yang mudah dilakukan dan menguntungkan seperti dikutip dari Cermati.com.

photo
Pilih camilan sehat agar tetap langsing

Camilan Sehat

Mengudap camilan sehat di sela-sela sebelum jam makan siang dan makan malam menjadi aktivitas favorit anak muda dan orang tua zaman sekarang. Kondisi ini bisa dijadikan peluang bagus bagi Anda yang sudah sejak lama ingin membuka usaha kuliner.

Anda bisa mendirikan usaha camilan sehat bahan-bahan makanan bergizi seperti buah-buahan, kacang-kacangan, maupun sayuran. Bahan makanan ini nantinya bisa diolah menjadi beraneka macam makanan ringan, seperti bakpia, keripik, atau agar-agar, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selai Roti

Pola hidup kebarat-baratan juga semakin populer, nih! Salah satunya adalah sarapan dengan sepotong roti. Namun, menghidangkan roti saja tidaklah cukup. Harus ada yang namanya selai agar cita rasa roti semakin nikmati disantap.

Berhubung karena cara membuat selai sangat mudah, Anda dapat membuka usaha selai roti dalam bentuk kemasan. Selai stroberi, nanas, dan cokelat menjadi tiga selai favorit di Indonesia. Jika Anda bisa mengemasnya dengan menarik, selai buatanmu akan populer dalam sekejap.

Smoothie Segar

Membuka usaha smoothie segar juga bisa Anda tilik. Selain pangsa pasarnya sangat luas, smoothie juga menjadi salah satu makanan penutup yang paling diminati oleh anak muda, khususnya bagi mereka yang lagi menerapkan diet sehat.

Agar olahan smoothie lebih menarik, Anda bisa mengemasnya dalam bentuk yang berbeda. Misalnya dituang ke dalam gelas plastik, lalu diberikan tambahan yogurt di atasnya. Sebaiknya terapkan harga yang ramah di kantong, sehingga lebih terjangkau seluruh kalangan konsumen.

Aneka Gorengan

Gorengan menjadi snack favorit masyarakat Indonesia. Harganya juga terjangkau, sehingga cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Dicampur dengan nasi atau dimakan begitu saja, cita rasa gorengan tetap nikmat di mulut. Apalagi jika gorengan disajikan hangat-hangat.

Agar cita rasa gorengan tidak monoton, Anda bisa membuat varian rasanya, misalnya tahu goreng isi pedas, pisang goreng oles keju dan sebagainya. Hadirnya varian rasa yang unik seperti ini menjadi daya tarik tersendiri, sehingga dagangan akan selalu laris diburu konsumen.

photo
Martabak manis

Martabak Manis

Sudah pernah mencicipi martabak manis, kan? Nah, cita rasa martabak manis yang khas ini membuat membuat Anda sulit move on, begitu juga dengan konsumen yang lain. Inilah yang menyebabkan peminat martabak manis terus bertambah banyak.

Jika Anda mengetahui resep khusus dibalik kelezatan martabak manis, Anda bisa membangun usaha martabak manis sendiri. Dengan bantuan promosi, percayalah, usaha martabak manis milik Anda akan dikenal masyarakat luas.

Mi Instan Mozarella

Bahan makanan yang berbahan dasar susu, yakni keju, khususnya mozarella kini sangat disenangi kawula muda. Bahan ini sering digunakan sebagai saus, topping, maupun isi dari olahan pie, pancake, roti, dan lainnya.

Jika Anda tertarik membuat usaha berbahan dasar keju mozarella, Anda bisa membuka usaha yang berbahan dari mi instan. Anda tinggal merebus mie instant yang kemudian ditaburi dengan keju mozarella di atasnya, hingga keju tersebut meleleh dan meresap kedalam lapisan mi.

Katering Rumahan

Usaha katering tampaknya tidak akan pernah mati. Malahan sebaliknya, usaha ini semakin diminati dari hari ke hari. Usaha katering sangat cocok digeluti oleh Anda yang hobi memasak.

Jika ternyata lokasi tempat tinggal Anda dekat dengan pusat pendidikan atau perkantoran, tingkat perkembangan usaha katering milik Anda pun bisa melejit dalam beberapa bulan saja.

Jangan Lupa Mempromosikan Usaha Anda

Jika usaha kuliner Anda sudah berjalan, jangan lupa untuk melakukan promosi besar-besaran agar bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Jangan lupa untuk terus kreatif dan terus berinovasi untuk menciptakan produk yang menarik di pasaran. Semangat berwirausaha!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement