Sabtu 08 Sep 2018 12:20 WIB

Ini lho Dampak Positif jika Terlambat Lulus Kuliah

Terlambat lulus tidak selalu berdampak buruk.

Rektor melantik sarjana dalam sebuah wisuda, ilustrasi
Foto: unpad.ac.id
Rektor melantik sarjana dalam sebuah wisuda, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kuliah dan bisa lulus tepat waktu tentu banyak diidam-idamkan orang. Bukan hanya untuk kamu yang menjalani kuliah itu sendiri, namun hal yang sama juga tentu menjadi harapan orangtua.

Namun kenyataannya, terlambat lulus sudah merupakan hal biasa terjadi. Siapa saja bisa mengalami hal ini, termasuk Anda sendiri. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan tidak bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu.

Beberapa di antaranya bahkan bisa saja terbilang sepele dan bukan sesuatu hal yang besar. Namun apapun itu, terlambat lulus tetap harus disikapi dengan positif dan Anda tidak perlu larut dalam kesedihan akibat hal yang satu ini.

Saat kamu Anda kuliah dengan terlambat, Anda harus belajar untuk tetap berpikir positif dan menjalani hal ini dengan tenang. Tidak perlu terpuruk dan berlama-lama merenungi kondisi ini, sebab ada banyak hal penting lainnya yang bisa kamu lakukan.

Tidak usah khawatir, lulus kuliah terlambat juga memberikan dampak yang positif. Apa saja?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut dampak positif bila kamu terlambat lulus kuliah.

Punya Banyak Waktu untuk Menata Masa Depan

Saat kamu terlambat lulus kuliah, maka Anda tentu akan memiliki waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja. Hal ini tentu akan menjadi keuntungan tersendiri. Anda bisa mempelajari lebih banyak hal dan membekali diri dengan berbagai skill yang berguna di masa yang akan datang.

Anda akan lebih siap untuk menghadapi dunia kerja, termasuk memenangkan ketatnya persaingan ketika mencari pekerjaan nantinya. Kondisi seperti ini tentu tidak bisa Anda dapatkan jika kamu lulus dengan cepat dan langsung berjibaku mencari pekerjaan.

Kesempatan Membangun Jaringan dan Relasi yang Lebih Luas

Bukan hanya kemampuan, untuk sukses, Anda juga akan membutuhkan dukungan dari orang lain. Hal ini tentunya bisa Anda dapatkan dari jaringan dan juga relasi yang luas.

Jika Anda terlambat lulus, maka Anda akan memiliki kesempatan yang luas untuk membangun jaringan dan relasi yang lebih besar dari lingkungan kampus, dengan para alumni. Nah, tentu saja seperti itu mungkin tidak akan bisa kamu lakukan saat lulus cepat dan segera sibuk mencari pekerjaan. Jaringan dan relasi menjadi salah satu bentuk investasi yang dapat dilakukan dengan melihat peluang dan mengambil kesempatan.

Kaya Pengalaman

Tidak lulus tepat waktu dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbagai kegiatan, Anda tentu memiliki pengalaman yang lebih banyak di dalam hidup jika dibandingkan dengan mereka yang lulus cepat.

Meski terkadang terkesan seperti buruk, pada umumnya berbagai kegiatan mahasiswa bisa memberikan banyak pengalaman yang berguna. Berbagai pengalaman ini bahkan bisa saja sangat membantu untuk menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang.

photo
Barista. Pekerjaan ini bisa menjadi salah satu pilihan mahasiswa yang butuh dana tambahan selama kuliah.

Pengalaman Lapangan dan Pengetahuan Sosial yang Lebih Kaya

Pada umumnya, mahasiswa yang tidak lulus sesuai jadwal biasanya menghabiskan lebih banyak waktu mereka untuk aktif di UKM atau bahkan lembaga sosial lainnya. Dengan terjun langsung dan terlibat dalam berbagai aktifitas ini, kamu akan memiliki banyak pengalaman dan juga pengetahuan sosial yang lebih mendalam.

Hal ini akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih peka terhadap berbagai masalah dan juga kondisi sosial di sekitar. Dan hal ini tentu saja merupakan hal yang positif.

Menemukan Jati Diri yang Sesungguhnya

Masa kuliah kerap identik dengan masa pencarian jati diri dan hal ini tidak selalu mudah untuk dilalui. Saat kamu lulus terlambat, maka kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk menemukan jati dan melalui masa transisi di dalam hidupmu.

Berbenah dan Ambil Sisi Positifnya

Tidak lulus kuliah dengan tepat waktu, kamu mungkin saja mengalami tekanan dan juga perasaan negatif lainnya. Hal ini wajar, namun bukan berarti kamu harus terpuruk dalam kondisi tersebut. Ambil sisi positif dari kondisi yang kamu alami dan mulailah berbenah diri, agar kamu bisa menata hidup dan masa depanmu dengan baik di masa yang akan datang.

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dan Cermati.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement