Ahad 09 Sep 2018 05:53 WIB

Cara Mudah Agar Betah Kerja di Kantor Baru

Bersikap profesional menjadi salah satu kunci betah kerja di manapun berada.

Wanita karier bugar/ilustrasi
Foto: bananatechs.com
Wanita karier bugar/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada proses begitu panjang yang harus dilewati para pelamar kerja masa kini. Proses ini sering membuat pelamar lelah atau bahkan putus asa. Namun, rasa lelah akhirnya terbayarkan apabila pelamar berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Sayangnya, tak sedikit dari para pelamar yang betah di tempat kerja yang baru. Ada saja hal-hal yang membuat seseorang merasa tidak nyaman di kantor baru. Hingga akhirnya memutuskan untuk resign (mengundurkan diri) dari perusahaan setelah dua tahun bekerja.

Ini artinya para karyawan harus rela mengulang pengorbanan yang sudah pernah dilakukan dahulu untuk mendapatkan pekerjaan baru impiannya. Lalu, apa yang harus dilakukan agar bisa nyaman di tempat baru tersebut?

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut cara agar betah bekerja di kantor baru.

photo
Pekerja kantoran. Ilustrasi

Cari Teman Baru Lewat Perkenalan Pertama

Sebagai karyawan baru, Anda akan diberi kesempatan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru pula. Khususnya yang berkaitan dengan kegiatan operasional perusahaan. Disela-sela proses adaptasi, Anda juga akan diperkenalkan dengan pimpinan perusahaan dan rekan kerja di kantor.

Nah, manfaatkan momen ini untuk mendapatkan teman baru. Jika nantinya mengalami kesulitan, Anda dapat meminta bantuan dia untuk membantumu mengatasinya. Setelah jam pulang kantor tiba, tak ada salahnya Anda mengajak teman barumu untuk seru-seruan bersama agar lebih akrab.

Menghias Meja Kerja Menjadi Meja Ternyaman

Kondisi meja yang berantakan bisa membuat tak nyaman dan merusak mood. Sebaiknya sisakan waktu untuk merapikan meja kerja kamu. Hiasi meja kerjamu dengan aneka pernak-pernik yang menarik, lalu tata sesuai selera agar lebih sedap dipandang mata.

Ketika Anda lelah dan muak dengan berbagai hal terkait pekerjaan, setidaknya pernak-pernak ini dapat menjadi moodbooster yang dapat membangkitkan semangatmu saat bekerja. Dengan demikian, produktivitas di kantor tetap terjaga dengan baik.

Perbanyak Asupan Makanan Bergizi

Kantor tempat Anda bekerja mungkin menetapkan jam masuk kantor yang terlalu pagi, sehingga Anda tidak sempat menyiapkan bekal dari rumah. Jangankan menyiapkan bekal, sarapan pagi saja tidak sempat. Hal ini yang menyebabkan Anda sering membeli makanan di luar atau kaki lima. Padahal, kebersihan makanan yang dijajakan di luar belum tentu terjamin.

Kuncinya adalah jangan tidur terlalu larut malam agar Anda dapat bangun lebih pagi. Dengan demikian, Anda mempunyai waktu yang cukup untuk menyiapkan aneka makanan bergizi agar tubuh tetap sehat walaupun jam kerja sangat padat.

Minum Air Putih yang Cukup

Selain memenuhi asupan tubuh dengan makanan bergizi, Anda juga perlu minum air putih yang cukup untuk melarutkan makanan yang sulit dicerna. Minum air putih sebanyak dua liter atau sesuai kebutuhan per hari untuk memenuhi kadar ion dalam tubuh.

Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi karena kafein menyebabkan matamu melek hingga larut malam. Padahal, kamu harus bisa tidur lebih awal atau sesuai jamnya agar tidak mengantuk saat bekerja esok harinya.

Tidur Cukup Sekitar 7-8 Jam Tiap Hari

Apakah Anda termasuk orang yang suka begadang? Mengingat begadang itu tidak sehat, jauhkan kebiasaan ini agar waktu tidurmu menjadi lebih sehat.

Waktu tidur yang baik untuk orang dewasa adalah 7-8 jam per hari. Kurang dari jumlah ini, besar kemungkinan Anda akan mengantuk saat bekerja.

Padahal, kamu selalu dituntut untuk fit dan fresh saat bekerja. Jika kedapatan mengantuk di kantor, jangan kaget bila atasan memanggil dan memberikan surat peringatan kepadamu.

Bersikap Profesional di Tempat Kerja

Hidup tidak pernah luput dari masalah, dan masalah bila muncul kapan saja serta di mana saja, baik di kantor maupun di rumah. Tentu menyebalkan bila masalah di rumah seolah tak mau lepas meski berada di kantor. Padahal di tempat kerja dituntut untuk bisa berlaku profesional.

Tapi, sepelik apapun masalah pribadi di rumah yang Anda hadapi, jangan pernah membawa masalah tersebut ke kantor. Tunjukkan profesionalitas saat bekerja agar hasil kerja yang kamu dapatkan menjadi maksimal.

Ketika pulang kerja nanti, kamu dapat memikirkan kembali cara untuk menyelesaikan masalah pribadi di rumah agar tidak mengganggu saat bekerja.

Mengumpulkan Tugas Sesuai Deadline

Jangan suka menunda-nunda pekerjaan. Ketika atasan atau HRD memberikan tugas, segeralah selesaikan agar tugas tersebut tidak menumpuk di meja kerja.

Menyelesaikan tugas sebelum deadline penting agar kamu mempunyai waktu untuk bersantai dan menenangkan pikiran. Sehingga kamu tidak mudah stres, melainkan semakin mencintai pekerjaanmu saat ini.

Berjuanglah untuk Bertahan

Selalu berikan yang terbaik untuk perusahaan agar kehadiranmu diperhitungkan oleh atasan. Tingkatkan daya juang dan mengatur waktu dengan baik agar kamu dapat bertahan dalam memangku tanggung jawab yang sudah diberikan kepadamu. Selamat bekerja!

Artikel ini kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement