Rabu 05 Sep 2018 11:59 WIB

Singapura Sodorkan Buffallo Boys Ikut Seleksi Oscar

Buffalo Boys disebut sebagai bentuk kerja sama industri kreatif Singapura-Indonesia.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Buffalo Boys
Foto: Infinite Studio
Buffalo Boys

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film drama aksi Buffallo Boys akan mewakili Singapura dalam seleksi Oscar tahun ini. Rencananya film  yang disutradarai Mike Wiluan dan dibintangi pemain Indonesia tersebut akan diikutsertakan dalam kategori Film Berbahasa Asing.

Buffallo Boys adalah film yang mengambil latar belakang abad ke-19 di Jawa. Buffallo Boys tak hanya menampilkan budaya Indonesia saja akan tetapi juga meraciknya dengan sentuhan ala film koboi. Film ini dimainkan dalam dua bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Inggris.

"Buffallo Boys mengeksplorasi tema mengenai keluarga dan keadilan yang menunjukkan ekspresi kreativitas insan perfilman Singapura," kata Joachim Ng, Direktur Singapore Film Commission dilansir dari Channel News Asia, Rabu (5/9). Film ini pertama kali diputar di Festival Fantasia Kanada pada Juli silam. Pada bulan yang sama, Buffallo Boys juga diputar di New York Asian Film Festival.

Demi memenuhi syarat ikut seleksi Oscar, Buffallo Boys juga harus tayang di Singapura. Rencananya pekan ini film tersebut mulai diputar di bioskop-bioskop Singapura.

"Buffallo Boys adalah film lintas budaya tidak hanya dari segi genre namun juga membawa semangat kolaborasi dua negara. Ini adalah bentuk kerja sama antara industri ekonomi kreatif Singapura dan Indonesia," ungkap Mike Wiluan.

Buffallo Boys dibuat di bawah rumah produksi Infinite Studios yang bermitra dengan Bert Pictures serta Eric Khoo dari Zhao Wei Pictures. Sejak 2005 hampir setiap tahun Singapura mengajukan film untuk maju dalam seleksi Piala Oscar. Akan tetapi, belum pernah sekali pun film asal Negeri Singa lolos masuk nominasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement