Rabu 05 Sep 2018 08:01 WIB

Chef Bagi Tips Membumbui Hidangan Laut

Hidangan laut yang segar tidak perlu diberi bumbu yang terlalu banyak.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Hidangan laut atau seafood paling nikmat bila masih segar.
Foto: dok Republika
Hidangan laut atau seafood paling nikmat bila masih segar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasak hidangan laut sering kali membuat otak berpikir. Sebab, teknik masak yang tidak tepat ditambah pilihan bumbu yang kurang sesuai bisa membuat hidangan laut kehilangan kenikmatannya.

Padahal, mengolah hidangan laut seharusnya tidak rumit. "Kuncinya pakai rempah yang bagus dan segar juga, kemudian dimasak dengan benar," ujar Sous Chef Potato Head Jumhadi.

Untuk hidangan laut, pemberian garam dan lada pun sudah sangat cukup. Chef Jumhadi menjelaskan, hidangan laut dengan bahan baku segar tidak perlu diberi bumbu yang terlalu banyak.

Justru dengan menggunakan lada dan garam bisa tetap menyimpan rasa asli yang segar dan manis. Seafood segar akan memiliki rasa manis yang dibawa, sehingga tanpa bumbu terlalu bermacam-macam pun tidak menjadi masalah.

"Tapi, kalau seafood gunakan lada putih, bukan yang hitam," kata Chef Jumhadi.

Rasa lada putih cenderung lebih lembut ketimbang lada hitam. Pilihan lada putih tersebut lebih aman untuk menguatkan rasa, bukan malah menghilangkan rasa hidangan lautnya.

Kemudian, Chef Jumhadi pun menyarankan, kalau memang ingin memasak dengan bumbu, sebaiknya perlu diperhatikan kematangan bumbu tersebut. Kebanyakan orang, sering kali kurang matang sehingga bumbu malah membuat rasa lebih getir.

Padahal, ciri bumbu matang tidak begitu sulit dan hanya butuh kesabaran. Cukup tunggu beberapa menit, nantinya bumbu akan mengeluarkan bau harum dan sudah berubah warna maka itu tanda bumbu telah matang.

Bahan segar

Bukan hanya bumbu yang mempengaruhi. Kesegaran bahan baku hidangan laut tak kalah penting. Semakin segar, maka tekstur dan rasa yang diinginkan akan didapatkan. "Yang masih segar ini bisa dilihat secara fisik dan baunya, cukup mudah buat membedakannya," ujar Chef Jumhadi.

Saat memilih udang segar, maka cari yang masih berbentuk utuh. Maksudnya, ketika udang itu dipegang maka tetap padat dan tidak lembek. Baunya pun tidak terlalu menyengat.

Sedangkan memilih ikan hampir sama. Namun, ikan segar bisa sangat terlihat dengan warna bola mata yang masih bening. Daging ikan pun ketika ditekan tidak lembek dan akan kembali ke bentuk semula.

Untuk cumi-cumi, cari yang masih padat dengan bentuk tetap utuh. Lihat kulit tipis terluar cumi-cumi, kalau mudah terlepas maka kemungkinan besar cumi sudah tidak segar lagi.

Chef Jumhadi pun memberikan saran, sebaiknya mencari bahan hidangan laut di pasar tradisional ketimbang di supermarket besar. Kemungkinan, bahan makanan laut di pasar tradisional akan lebih segar karena setiap hari berganti.

Penjualan bahan makanan lautnya cenderung berputar cepat dan ini terjadi di pasar tradisional. Sedangkan di supermarket terkadang bisa disimpan dan diawetkan untuk bertahan lebih lama sehingga kesegarannya berkurang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement