Senin 03 Sep 2018 12:58 WIB

Rahasia Orang Cina Pandai Menyelam

Alasan Cina lebih unggul dalam olahraga adalah kerja keras.

Atlet Loncat Indah Cina Zhang Jiaqi beraksi dalam final Loncat Indah Putri 10 meter Platform Asian Games Ke-18 Tahun 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta, Kamis (30/8).
Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Rosa Panggabean
Atlet Loncat Indah Cina Zhang Jiaqi beraksi dalam final Loncat Indah Putri 10 meter Platform Asian Games Ke-18 Tahun 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta, Kamis (30/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Atlet selam asal Cina, Zhang Jiaqi, ternyata memiliki kehidupan yang tidak menyenangkan. Zhang yang masih berusia 14 tahun berhasil meraih kemenangan emas pada Asian Games 2018.

Dilansir melalui Malaymail, Zhang berhasil menang untuk kategori 10 meter. Kemenangan Cina memang menjadi sejarah luar biasa sepanjang masa di Asia sejak bergabung pertama kali di Olimpiade pada 1974.

Ketika ditanya pada atlet, mereka menjawab tidak ada rahasia di balik kemenangan tersebut. Para atlet hanya menjawab bahwa kemenangan mereka merupakan buah dari kerja keras.

Si Yajie yang masih berusia 19 tahun mengungkapkan, tidak ada atlet renang yang berlatih lebih keras dari Cina. "Alasan Cina lebih unggul dari yang lain karena kerja keras, kami berlatih lebih keras dari negara lain di dunia," ungkap Si.

Si bercerita bahwa mereka harus bangun pagi-pagi sekali setiap hari, dan berlatih sepanjang hari. Hasil kerja keras Si berbuah emas dua kali berturut-turut pada Asian Games, dan medali perak pada Olimpiade.

Para skuad elite penyelam Cina tinggal bersama di tempat yang telah disediakan pemerintah Beijing. Mereka sudah 'nyelam' sejak pukul 06.00 setiap hari, kecuali Ahad yang menjadi hari libur.

Para perenang perempuan bahkan memiliki beban lain. Mereka harus menjaga berat badan agar lincah bergerak di dalam air. Jenis makanan yang dikonsumsi sering kali merupakan menu dari pelatih. Tidak jarang mereka hanya mengonsumsi daging tanpa lemak dan sayuran hijau.

Reputasi Cina sebagai juara tidak hanya pada level Asia tapi juga untuk Olimpiade. Sejak 2000 lalu, mereka tidak pernah mendapatkan kurang dari lima emas dalam kompetisi.

Tim renang Cina bahkan bisa mengalahkan atlet Amerika Serikat (AS). Wu Minxia, bahkan menjadi orang pertama yang berhasil meraih lima emas dalam Olimpiade.

Namun ia menyebutkan, kehidupan tersebut bukanlah sebuah hal yang glamor. "Bagi orang-orang seperti kami yang hidup dalam lingkaran kecil, kami bertemu dengan orang-orang dari latar belakang yang sama," ungkap Wu. Kerja keras sudah menjadi tradisi di Cina. Para atlet baru boleh berlatih setelah usianya di atas 10 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement