Senin 03 Sep 2018 04:05 WIB

Jadi Freelancer Marketing Properti? Ini Kiat Suksesnya

Marketing properti tentunya akan membutuhkan keahlian khusus.

Jual properti secara daring (online). Ilustrasi
Foto: Olx
Jual properti secara daring (online). Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda yang ingin menjajal peruntungan menjadi marketing properti freelance, tak perlu ragu untuk mewujudkan niat tersebut. Sebab pekerjaan yang satu ini tidak harus Anda lakukan dengan cara bergabung pada salah satu perusahaan. Bahkan bisa saja Anda menjalankannya dengan mudah dari rumah, yakni dengan menjadi marketing freelance saja.

Bisnis ini masih terus berkembang dan memiliki peluang pasar yang cerah ke depannya. Tentu saja, karena semua orang membutuhkan hunian dan dari tahun ke tahun pertmintaannya terus meningkat.

Pun demikian, kendati hanya menjadi seorang marketing freelance, Anda tetap akan membutuhkan kemampuan yang baik dalam menjalankannya. Sama halnya dengan pemasaran di bidang lainnya, marketing properti tentunya akan membutuhkan keahlian khusus.

Pemahaman Anda akan properti akan jadi hal yang tak bisa diabaikan. Jangan sampai Anda mengalami kendala pemasaran, hanya karena tidak menguasai berbagai hal terkait dengan produk yang Anda pasarkan.

Selain itu, Anda juga perlu memiliki keterampilan mumpuni untuk memasarkannya, sehingga mendatangkan hasil yang maksimal. Untuk itu, memahami strategi pemasaran yang efektif adalah wajib dan tak bisa Anda abaikan.

Lalu, bagaimana caranya? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut kiat sukses menjadi seorang freelancer marketing properti.

  1. Kenali dan pahami dengan baik seputar properti

    Menjual sesuatu yang tidak Anda kenal dan pahami dengan baik tentu akan menyulitkan. Bukannya bisa mendatangkan angka penjualan, Anda bahkan bisa saja mendapatkan berbagai masalah akibat tidak memahami produk dengan tepat.

    Hindari masalah seperti ini, sebab pembeli hanya akan membeli dan membawa pulang sesuatu yang mereka yakin tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Artinya, jika Anda tidak mengenal produk dengan baik dan meyakinkan pembeli dengan tepat, maka tidak akan pernah mencetak angka penjualan.

    Untuk itu, pahami dan kuasai tentang properti agar upaya Anda untuk memasarkannya jadi lebih mudah. Carilah informasi dan berbagai hal lainnya terkait dengan properti yang Anda jual, sehingga masalah utama ini bisa Anda atasi dengan mudah.

  2. Miliki kemampuan menjual secara profesional

    Sebagai marketing, Anda akan memiliki kewajiban untuk memasarkan produk dan mendatangkan angka penjualan. Pastikan Anda memiliki kemampuan yang baik untuk hal tersebut, sebab hanya dengan begitu Anda bisa sukses di bisnis yang satu ini.

    Anda bisa belajar mengenai teknik penjualan properti melalui banyak cara, seperti ikut seminar pemasaran, membaca lebih banyak buku, belajar dari orang lain yang telah sukses di bidang properti. Jangan pernah bosan untuk belajar dan belajar lagi, hingga Anda benar-benar bisa menguasai dengan baik.

  3. Maksimalkan pemasaran dan promosi

    Anda juga wajib memaksimalkan pemasaran dan kegiatan promosi. Hal ini bisa Anda lakukan dengan banyak cara, seperti membuat sebuah website profesional untuk memasarkan produk properti yang Anda tangani dan melengkapi situs ini dengan berbagai informasi/fitur yang mendukung menarik.

    Lakukan promosi diberbagai platform online lainnya, seperti media sosial atau bahkan e-mail, dan langkah efektif lainnya yang Anda anggap tepat.

  4. Punya kemampuan negosiasi yang baik

    Jangan lupa untuk mengasah kemampuan negosiasi Anda, sebab hal ini akan sangat memengaruhi kesuksesan dalam bidang pemasaran ini. Belajarlah untuk memiliki keterampilan dalam bernegosiasi, sebab proses penjualan ini bisa saja membutuhkan waktu yang panjang, di mana pembeli tidak bisa mengambil keputusan secara cepat.

    Tentu kita semua tahu, harga properti tidaklah murah. Bahkan kecenderungannya terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Jadi, wajar saja jika pembeli akan membutuhkan banyak pertimbangan sebelum melakukan pembelian, dan Anda harus mempu mengatasi kondisi seperti ini dengan baik.

  5. Bekali diri dengan semangat dan kemampuan yang mumpuni

    Pekerjaan menjadi marketing properti freelance memang cukup banyak diminati. Meski cukup diminati, memasarkan properti tentu tidak semudah yang dibayangkan.

    Anda wajib memiliki minat yang tinggi sejak awal. Selain itu, bekali diri dengan mengasah kemampuan pemasaran secara maksimal, sehingga Anda bisa menjadi seorang marketing freelance yang mumpuni dan handal. Belajar dan memahami produk dengan baik adalah salah satu kunci sukses yang tak bisa Anda abaikan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement