Ahad 02 Sep 2018 17:41 WIB

Saat Melamar Kerja, Pertimbangkan Hal Ini Selain Gaji

Dengan gaji besar ada konsekuensi yang harus dijalani hingga kontrak selesai.

Pekerja kantoran. Ilustrasi
Foto: Dailymail
Pekerja kantoran. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Saat Anda melamar pekerjaan, jangan langsung tergiur dengan gaji yang ditawarkan. Di perusahaan besar dan dengan posisi yang tinggi, mereka memang tak segan-segan memberikan gaji tinggi kepada karyawannya.

Inilah yang membuat banyak orang terburu-buru untuk menjatuhkan lamaran pekerjaan di perusahaan tersebut. Seakan-akan gaji adalah tujuan utama mereka bekerja, tanpa memedulikan aspek lain yang tidak kalah penting.

Gaji besar memang menjanjikan Anda untuk bisa memenuhi semua keinginan. Ada jaminan pemenuhan kebutuhan hidup setelahnya. Akan tetapi, sanggupkah Anda untuk menjalani konsekuensinya? Sanggupkah Anda bertahan sampai akhir kontrak?

Berhenti bekerja sebelum kontrak berakhir tentu akan mendatangkan bencana bagi Anda. Anda akan terkesan buruk di mata perusahaan selanjutnya dan tentunya Anda akan dikenakan denda. Anda tidak bisa menghindar karena memang Anda sudah menandatangani kontrak.

Untuk itu, pertimbangkan hal lain selain gaji saat memutuskan untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan yang menggiurkan. Dikutip di Cermati.com, berikut hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan saat melamar kerja selain gaji:

  1. Berapa Lama Bekerja dalam Sehari?

    Tentunya Anda tidak ingin menghabiskan waktu hanya di kantor saja. Dan yang pasti, hal itu tidak akan membuat hidup Anda seimbang. Padahal, keseimbangan hidup itu penting untuk menghindari stres dan depresi yang berkepanjangan. Dan yang pasti, Anda tidak bisa menikmati hidup.

    Jika demikian, seberapa pun besarnya gaji yang akan Anda terima, tidak akan membuat hidup menjadi lebih baik karena adanya tekanan yang bertubi-tubi tanpa bisa membuat tubuh rileks. Dan ini bukanlah kualitas hidup yang baik. Untuk itu, jika Anda melamar kerja, pastikan berapa lama jam kerja Anda sebagai karyawan di perusahaan tersebut.

    Jangan sampai Anda mengerjakan pekerjaan dengan penuh rasa bosan dan terbebani. Bila Anda harus menghabiskan waktu 12 jam hanya untuk berkutat dengan pekerjaan, rasa penat pasti akan menghampiri dan Anda akan merasa percuma saja memiliki gaji yang besar.

  2. Adakah Fasilitas Asuransi Kesehatan dan Asuransi Jiwa?

    Keberadaan asuransi, baik itu kesehatan maupun jiwa, sangat penting adanya. Sebagai pekerja yang memiliki banyak risiko, asuransi sangat diperlukan. Untuk itu, pastikan bahwa saat melamar pekerjaan, perusahaan memberikan fasilitas asuransi bagi karyawannya. Bagaimana pun juga, jaminan akan kesehatan dan keselamatan kerja serta kesejahteraan karyawan sangat penting adanya.

  3. Berapa Banyak Pemberian Cuti bagi Karyawan?

    Setelah penat melakukan semua pekerjaan yang ada, setiap orang pasti membutuhkan berlibur untuk mengembalikan energi dan memungkinkan memunculkan ide-ide baru yang tentunya bermanfaat juga bagi perusahaan. Maka dari itu, pastikan bagaimana ketentuan cuti yang diberikan perusahaan tersebut bagi karyawannya.

    Selain itu, bagi pekerja wanita, pastikan ada kebijakan untuk jatah cuti melahirkan. Jika gaji yang ditawarkan tinggi namun jatah cuti yang sedikit, maka seharusnya pertimbangkan untuk mencari perusahaan lain yang menyediakan jatah cuti yang wajar.

  4. Adakah Bonus yang Disediakan?

    Bonus adalah hal yang sangat berharga bagi setiap pekerja. Apalagi jika pekerjaan yang dikerjakannya sudah sangat baik dan mencapai target. Tentunya hal yang wajar jika pekerja mengharapkan memperoleh bonus dari perusahaan tersebut.

    Setiap perusahaan tentu memiliki kriteria tersendiri untuk menilai kinerja karyawan sehingga bisa dikategorikan layak untuk mendapatkan bonus di periode tersebut. Tidak dapat dimungkiri, masih banyak perusahaan yang memberikan bonus dengan jumlah yang tidak sepadan dengan kerja keras pekerjanya.

    Bahkan, parahnya lagi, ada yang tidak ingin mengeluarkan biaya lebih untuk memberikan bonus kepada karyawan berprestasi. Pastilah sangat mengecewakan. Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda sudah mengetahui kebijakan perusahaan tersebut perihal hal ini.

  5. Bagaimana dengan Pembiayaan untuk Jenjang Pendidikan Lebih Tinggi?

    Sebagai seorang pekerja, selain karir, Anda juga harus memerhatikan. Ini penting untuk peningkatan karier Anda. Jangan sampai Anda mudah puas dengan apa yang sudah Anda capai selama ini. Akan tetapi teruslah belajar untuk meningkatkan pengetahuan Anda.

    Dengan begitu, Anda harus memerhatikan apakah perusahaan yang hendak Anda lamar bersedia untuk membiayai pendidikan Anda yang selanjutnya. Anda bisa mencari tahu soal itu di perusahaan yang Anda lamar.

Jadilah Pekerja yang Cerdas

Nominal gaji memang penting, namun apakah Anda menikmati pekerjaan tersebut jauh lebih penting? Lalu, untuk apa Anda mengerjakan sesuatu yang memberatkan pikiran Anda?

Saat melamar pekerjaan, pastikan bahwa pekerjaan tersebut memang baik dan layak. Jangan asal melamar pekerjaan dengan bermodalkan asalkan diterima. Justru saat Anda dinyatakan diterima adalah awal dari perjuangan Anda. Anda harus berjuang untuk menaikkan karier Anda dengan cara bekerja keras dan tak lupa hidup yang seimbang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement