Jumat 31 Aug 2018 04:34 WIB

Hindari Sengatan Tawon dengan Cara Mudah

Aturan pertama agar tidak disengat tawon adalah tidak mengusiknya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nur Aini
Tawon.
Foto: Sciencing
Tawon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tawon yang terkadang salah dikenali sebagai lebah adalah serangga yang cukup sering menyengat dalam kondisi terancam. Simak beberapa tips sederhana menghindari sengatan tawon berikut, seperti dikutip dari laman Metro.

- Jangan mengusiknya

Tawon termasuk dalam ordo Hymenoptera yang juga beranggotakan semut dan lebah. Aturan pertama agar tidak disengat adalah tidak mengusiknya. Jangan mengibaskan tangan ke arah tawon yang terbang supaya mereka tidak merasa terancam.

- Simak sekeliling

Perhatikan sekitar dan jangan bertelanjang kaki saat sedang berkebun atau mencari tempat piknik di alam bebas. Pasalnya, tawon tidak hanya membuat sarang di pohon dan semak belukar, tetapi 70 persen di antaranya juga bersarang di bawah tanah.

- Tetap tenang

Cobalah untuk tetap tenang ketika ada tawon terbang di dekat Anda. Bahkan ketika tawon mendarat di kulit, jangan panik dan tunggu sampai serangga itu terbang dengan sendirinya. Jika merasa takut, halau tawon dengan hati-hati menggunakan selembar kertas.

- Hindari aroma mencolok

Hindari menyemprotkan parfum, cologne, atau memakai sabun dengan aroma berlebihan ketika berada di alam bebas. Bau yang terlalu menyengat bisa membuat tawon tertarik untuk datang, karena indra penciuman mereka yang sangat sensitif.

- Pakai warna terang

Mengenakan busana berwarna putih atau terang cenderung dapat melindungi Anda secara signifikan dari serangan tawon. Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa tawon lebih tertarik mengincar sasaran berwarna gelap.

- Berlari lurus

Cara terbaik menghindari sengatan tawon adalah menjauh perlahan. Akan tetapi, jika Anda perlu melarikan diri dari TKP, berlarilah dalam garis lurus. Bergerak zig-zag membuat Anda menjadi sasaran mudah, apalagi tawon dapat terus mengejar hingga sejauh 150 meter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement