Selasa 28 Aug 2018 07:45 WIB

Rafael Nadal, Pemain Tenis Berbayaran Termahal di Dunia

Penghasilan Nadal diketahui mencapai 102 juta dolar AS.

Rep: Nora Azizah/ Red: Indira Rezkisari
Rafael Nadal
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Rafael Nadal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mempunyai julukan 'King of Clay', Rafael Nadal merupakan petenis nomor satu dunia dengan 80 gelar tunggal. Petenis ini diklaim menjadi pemain tenis terkaya di dunia sepanjang sejarah. Ia menghasilkan banyak dolar di atas kariernya.

Berdasarkan pemberitaan Business Insider, Nadal berhasil meraup lebih dari 7 juta dolar AS untuk hadiah kemenangan belum lama ini. Nadal berhasil mengantongi 3,7 juta dolar AS pada US Open 2017 dan 2,6 juta dolar untuk Prancis Terbuka ke-11. Namun jumlah tersebut hanya sebagian kecil dari penghasilan kariernya.

Penghasilan Nadal diketahui mencapai 102 juta dolar AS. Jumlah tersebut belum termasuk bayaran iklan dari Nike atau Kia. Dari total uang yang ia kantongi, pantas saja bila Nadal diklaim menjadi pemain tenis terkaya sepanjang masa. Namun di tengah gelimang harta, Nadal diketahui sedikit boros dalam menghabiskan uang.

Pada ajang French Open, Nadal terlihat mengenakan jam tangan edisi terbatas Richard Mille seharga 725 ribu dolar AS. Ia juga mempunyai sepeda elektrik Gocycle seharga lebih dari 4 ribu dolar AS. Tidak hanya sepeda mewah, mobil Nadal juga dari kelas premium. Ia mengendarai Aston Martin DBS dan Mercedes Benz SL55.

Baca juga: Bisnis Miras Jadikan George Clooney Aktor Terkaya 2018

Nadal tidak hanya suka perjalanan darat, ia juga cinta laut. Tidak heran bila ia membeli sebuah kapal pesiar Beethoven sepanjang 7,6 kaki. Diketahui harga kapal tersebut mencapai 2,8 juta dolar AS. Rumah pribadinya juga mewah. Nadal menghabiskan 1,5 juta dolar AS untuk rumah di Spanyol. Ia kemudian membeli rumah kedua di Dominika seharga 2 juta dolar AS.

Selain menghabiskan uang untuk gaya hidup, Nadal turut membantu sesama dan berinvestasi. Pada 2008 ia mulai mendirikan yayasan Fundacion Rafa Nadal. Yayasan yang dijalankan sang ibu tersebut membantu anak-anak kurang mampu. Nadal juga membuka Rafa Nadal Academy by Movistar di Mallorca.

Akademi Tenis tersebut memiliki luas 25 ribu kaki dengan biaya kurang lebih 25 juta dolar AS. Anak-anak bisa belajar tenis dengan biaya 62 ribu dolar AS per tahun. Nadal bekerja sama dengan Telefonica Open Future dalam memberikan pendanaan pada perusahaan perintis. Pendanaan yang diberikan bisa mencapai 160 ribu dolar AS.

Ia juga membuka restoran Italia bernama TATEL di Ritz Carlton South Beach. Restoran tersebut merupakan kerja sama Nadal bersama Enrique Iglesias dan pemain San Antonio Spurs, Pau Gasol. Bersama beberapa rekan, Nadal berinvestasi membeli Madrid Real Estate premium bergaya abad 19 senilai 30 juta dolar AS. Sebuah Tenis Center di Mexico miliknya juga akan segera dibuka November mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement