Jumat 24 Aug 2018 07:59 WIB

Daftar Kota di Eropa yang Ramah Kantong Pelancong

Vilnius, ibukota Lituania menempati urutan pertama kota dengan biaya termurah Eropa

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Travelling (Ilustrasi)
Foto: News
Travelling (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA Punya mimpi melancong ke benua Eropa? Keinginan itu ternyata tidak perlu menguras tabungan. Sebuah panduan yang diterbitkan oleh laman TravelSupermarket telah mendaftar sederet kota di Eropa yang ramah untuk kantong pelancong.

Kota yang menempati posisi puncak dalam daftar destinasi wisata termurah itu adalah Vilnius, ibu kota Lituania. Biaya rata-rata menghabiskan akhir pekan di sana (termasuk makan dan akomodasi) hanya sekitar 99,09 poundsterling (Rp 1,86 jutaan) per orang.

Kepala pariwisata Vilnius menjuluki kotanya sebagai "G-spot Eropa". Wisatawan akan dimanjakan dengan bangunan bersejarah dan tata kota trendi. Harga makanannya sangat terjangkau, sajian tiga hidangan di restoran rata-rata hanya 15,65 poundsterling (Rp 295 ribuan).

Belum tertarik? Masih ada sembilan kota 'murah' lain dalam peringkat yang dirilis oleh TravelSupermarket. Dikutip dari laman Metro, seluruh prediksi biaya dalam daftar tersebut berlaku antara September 2018 sampai Maret 2019.

Kota-kota di Eropa Timur tampak mendominasi peringkat teratas. Posisi kedua ditempati Bratislava, ibu kota Slowakia, dengan prediksi biaya 103,84 poundsterling (Rp 1,95 jutaan). Disusul kota Turin di Italia dengan perkiraan 141,10 poundsterling.

Kota Lyon di Prancis (144,37 poundsterling) ada di tempat keempat, sedangkan Krakow di Polandia (146,32 poundsterling) menempati posisi kelima termurah. TravelSupermarket juga menyebut Krakow sebagai tempat liburan pendek terfavorit warga Inggris. 

Ada lonjakan 221 persen penelusuran Krakow yang dilakukan calon pelancong dari tahun ke tahun. Setelah Krakow, daftar kota dalam 10 besar antara lain Porto di Portugal, Riga di Latvia, Berlin di Jerman, Sofia di Bulgaria, dan Koln, Jerman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement