Kamis 23 Aug 2018 16:24 WIB

Makanan Tertentu Bantu Hilangkan Kantong Hitam Mata

Kekurangan antioksidan dan zat besi diduga menimbulkan masalah kulit.

Rep: Noer Q Kusumawardhani/ Red: Indira Rezkisari
Hilangkan kantong hitam di bawah mata dengan konsumsi makanan kaya antioksidan dan zat besi.
Foto: Republika/Darmawan
Hilangkan kantong hitam di bawah mata dengan konsumsi makanan kaya antioksidan dan zat besi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lingkaran hitam dan kantong mata menjadi masalah umum yang sulit dihilangkan bagi sebagian orang meski sudah tidur selama delapan jam semalam. Ketika tidur cukup tidak sanggup memperbaiki tampilan kantong mata, mungkin lewat makanan kulit di bawah mata bisa membaik tampilannya.

"Lingkaran hitam di bawah mata sangat umum dan menantang untuk diperbaiki saat ini. Namun ada bukti kalau antioksidan dan makanan antiperadangan bisa membantu di beberapa orang," ujar Dr Anton Alexandroff, konsultan dermatologi dan juru bicara untuk British Skin Foundation.

Pola makan selama ini belum secara eksplisit dievaluasi untuk mengatasi masalah kulit dalam studi klinik. Namun Dr Anton menjelaskan, sangat logis bila makanan kaya antioksidan seperti vitamin C atau vitamin K membantu masalah kantong mata.

Baca juga: Tabir Surya, Perlindungan Chemical atau Physical?

Vitamin C dan K terkandung dalam makanan seperti blueberry, tomat, brokoli, paprika merah dan sayuran hijau. Sementara yang lainnya mengklaim kantong mata dapat menunjukkan kurangnya konsumsi zat besi dalam diet seseorang. Namun, Alexandroff menjelaskan tidak ada data membuktikan bahwa meningkatkan konsumsi zat besi dapat membantu memerangi lingkaran hitam.

Untuk memastikan tubuh mendapatkan cukup zat besi, hendaknya mengkonsumsi makanan kaya zat besi. Seperti daging merah, tahu, dan kacang-kacangan.

Sisi lain, ahli gizi terkemuka Harley Street, Rhiannon Lambert menambahkan sementara ini tidak ada makanan ajaib yang menjamin pengurangan lingkaran hitam. Yang ada hanyalah meningkatkan konsumsi mikronutrien secara keseluruhan dengan buah dan sayur.

Nutrisi dapat membantu melawan radikal bebas yang telah dikaitkan dengan penuaan dini. “Makan tiga kali sehari dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, lemak esensial, dan berbagai buah dan sayuran juga dapat membantu mendukung kesehatan kulit,” ujar Lambert, dilansir dari Independent, Kamis (23/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement