Kamis 23 Aug 2018 07:12 WIB

Reaksi Penggemar atas Video Teaser BTS

Potongan video menampilkan kombinasi elemen modern dan tradisional Korsel.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Yudha Manggala P Putra
BTS dalam video klip Idol.
Foto: Soompi
BTS dalam video klip Idol.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Boyband BTS telah mengunggah video teaser baru berjudul 'Idol' pada Rabu (22/8) malam. Video ini menampilkan kombinasi elemen modern dan tradisional budaya Korea Selatan.

Teaser dimulai dengan gambar harimau, tokoh penting yang ditemukan di seluruh cerita rakyat, serta mitologi dasar bangsa. 'Idol' juga memiliki latar belakang lukisan tradisional.

RM dan kawan-kawan terlihat berada di gedung seperti paviliun Korea sambil mengenakan pakaian yang terinspirasi oleh pakaian tradisional. Mereka menambhakan aksesoris modern dan alas kaki mereka sangat kontemporer.

Selain musiknya, bahkan lirik Idol mengandung unsur-unsur tradisional seperti pansori, yakni suatu bentuk pengisahan musik yang berasal dari kelas bawah selama Dinasti Joseon. RM menirukan suara drum tradisional yang digunakan dalam berbagai bentuk musik Korea, termasuk pansori dan samulnori.

Banyak  penggemar BTS (ARMY) langsung bereaksi melihat teaser ini. Dilansir dari Soompi, Kamis (23/8), salah satu penggemar, Soo Choi dengan akun @choi_bts2  sadar RM telah memberi petunjuk terkait teaser baru ini. RM menuliskan Ulsoo (Eulsoo) yang berarti Yoo Hoo di pesan Twitter. Kata ini sama seperti yang dia ucapkan di teaser.

Ada pula ARMY yang berkomentar tentang arti batuk Jungkook di akhir teaser. “Ketika seorang yangban (anggota kelas atas masyarakat Korea di masa lalu) mengeluarkan batuk palsu itu berarti ‘saya di sini jadi berhenti membicarakan tentang saya’” ujar akun @agirlinthepark.

Video musik 'Idol' akan dirilis pada Jumat (24/8). Lagu ini masuk dalam album terbaru BTS, Love Yourself: Answer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement