Selasa 21 Aug 2018 18:58 WIB

Pesilat Minang Siap Beraksi di Silek Arts Festival 2018

Silek Arts Festival merupakan perayaan seni bela diri tradisional.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Silek Arts Festival
Foto: Facebook/Silek Arts Festival
Silek Arts Festival

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat meluncurkan pagelaran silat tradisional berjuluk 'Silek Arts Festival'. Melalui festival yang secara resmi diadakan pada 7 September-30 November 2018 tersebut, berbagai pagelaran seni akan diadakan, termasuk pameran silek, pertunjukan sastra, pagelaran silek tuo, seminar, pemutaran film tentang silek, hingga pertunjukan tari.

Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Gemala Ranti menjelaskan, Festival Arts Festival 2018 merupakan rangkaian program Indonesiana yang diinisasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selain Sumbar, masih ada 8 provinsi lain yang menggelar acara kesenian serupa. Silek Arts Festival, lanjutnya, merupakan suatu perayaan besar seni bela diri tradisional.

Gemala menyebut 'silek' sendiri bisa dimaknai dalam arti luas. Bila di tempat lain kata silek lebih menekankan pada aspek bela diri, maka dalam bahasa Minangkabau dikenal pula kata Mancak atau Bungo Silek (bunga silat) yang memberi penekanan pada aspek seni dan keindahan.

Selama digelar selama 3 bulan, Silek Arts Festival akan berkeliling di 8 kota/kabupaten di Sumbar, yakni Padang, Bukittinggi, Padang Panjang, Payakumbuh, Sawahlunto, Solok, Tanah Datar, dan Padang Pariaman. Berbagai agenda acara akan diadakan secara bergiliran di kedelapan kabupaten/kota.

"Atraksi utamanya adalah silek tradisional yang menampilkan berbagai gaya khas Minangkabau, tempat di mana terdapat aliran silek yang langka dan bahkan hampir punah," katanya.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyebutkan bahwa silek Minang merupakan warisan mahal yang harus dijaga. Melalui Silek Arts Festival, Irwan berharap masyarakat, khususnya generasi muda, memiliki akses terhadap pengetahuan tentang silek. Apalagi, silek sendiri saat ini mulai naik daun karena kerap diangkat dalam film-film lokal dan mancanegara.

"Kalau kita lihat film laga, silek kita banyak ditampilkan di layar lebar oleh Iko Uwais misalnya. Itu lah satu hal yang kita melihat bahwa ada peluang yang harus dikembangkan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement