Jumat 17 Aug 2018 13:52 WIB

Museum Nasional Gratiskan Tiket Masuk untuk Atlet

Para atlet dan official cukup menunjukan kartu identitas Asian Games.

Sejumlah pelajar melihat-lihat fosil batu purbakala ukiran gajah di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (26/6).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Sejumlah pelajar melihat-lihat fosil batu purbakala ukiran gajah di Museum Nasional, Jakarta, Selasa (26/6).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Museum Nasional mengratiskan tiket masuk bagi para atlet dan official dari berbagai negara selama perhelatan Asian Games. Itu artinya berlaku mulai 18 Agustus hingga 2 September 2018.

"Kebijakan  ini bentuk apresiasi Museum Nasional untuk para tamu peserta Asian Games 2018 lebih mengenal sejarah peradaban, keragaman, dan kekayaan budaya bangsa Indonesia," kata Kepala Museum Nasional Siswanto saat dihubungi Antara di Jakarta, Jumat (17/8).

Dia mengatakan para atlet dan official cukup menunjukkan kartu identitas Asian Games mereka untuk mendapatkan tiket masuk gratis.

Untuk menyambut Asian Games, Museum Nasional juga memulai pembukaan kembali sebagian gedung A yang memamerkan arca-arca dan prasasti penting dari seluruh nusantara. Gedung A telah ditutup untuk pengunjung sejak 2016 karena akan direnovasi.

"Pada 2016 kami melakukan pemindahan koleksi dan 2017 telah dilakukan renovasi 2017. Besok pada 18 Agustus akan dilakukan pembukaan kembali," kata dia.

Selama Asian Games, Museum Nasional juga bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk membuat pameran sejarah Asian Games 1962, di mana Indonesia menjadi tuan rumah untuk pertama kalinya.

Direktur Sejarah Kemendikbud Triana Wulandari mengatakan koleksi sejarah yang dipamerkan, berupa foto, prangko, majalah, surat kabar, benda memorabilia, berupa suvenir Asian Games keempat tersebut.

Ia mengharapkan pameran itu dapat memotivasi dan membangun semangat tuan rumah Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement