Selasa 14 Aug 2018 23:10 WIB

Tips Cerdas Agar Kamar Hotel Tetap Sehat

Terus menerus tinggal di ruangan tertutup mengundang banyak penyakit.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani
Kamar hotel
Foto: flickr
Kamar hotel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin berpelesir ke luar kota atau ke luar negeri selama sepekan atau lebih. Menginap di hotel pun tak terhindari dengan kondisi kamar yang seluruhnya tertutup dan berpendingin ruangan alias AC.

Tidak banyak yang menyadari terus menerus tinggal di ruangan tertutup mengundang banyak penyakit. Kamar hotel yang kerap tertutup dipenuhi banyak infeksi dan virus. Untuk melawannya, berikut tips cerdas agar kamar hotel tetap sehat, dilansir dari Mid Day, Selasa (14/8).

1. Periksa seprei tempat tidur

Sebelum berbaring di kamar, pastikan Anda memeriksa seluruh seprei tempat tidur Anda. Ini untuk menghindari adanya serangga yang memicu penyakit. Jika sempat, periksa juga furnitur di kamar, tirai, kain gorden, dan kepala tempat tidur, khususnya yang terbuat dari kayu untuk memastikan tidak ada rayap.

2. Simpan seprei

Pihak hotel biasanya jarang mengganti selimut jika tidak kotor, meski mereka selalu mengganti seprei. Cara terbaik adalah simpan selimut Anda di lemari setiap kali meninggalkan kamar.

3. Disfeksi kuman

Bawa tisu antibakteri di tas Anda. Ini bisa menjadi pilihan terbaik. Anda dapat menggunakannya untuk mendisfeksi barang-barang umum, seperti gagang pintu, saklar lampu, flushes toilet, telepon, televisi, remote televisi, meja samping tempat tidur, dan furnitur lainnya.

4. Buka jendela

Kamar hotel kadang penuh dengan udara tidak segar akibat kurangnya ventilasi dan sirkulasi udara yang baik. Cobalah sesekali buka jendela kamar Anda untuk membiarkan udara segar masuk ke kamar.

5. Hindari menggunakan gelas di kamar

Anda sebaiknya menghindari menggunakan gelas di dalam kamar hotel, kecuali mencucinya terlebih dahulu. Pilih minum dari air botolan, jika tersedia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement