Rabu 08 Aug 2018 09:18 WIB

Cara Mudah Manfaatkan Ponsel Sebagai Sistem Peringatan Dini

Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi prediksi cuaca.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Yudha Manggala P Putra
Aplikasi cuaca di Smartphone
Foto: ABC
Aplikasi cuaca di Smartphone

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ponsel pintar tidak hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi, main gim, dan mengakses media sosial. Maksimalkan manfaat telepon genggam dengan menjadikannya sistem peringatan dini dalam berbagai kondisi dengan sederet cara mudah berikut.

- Cuaca buruk

Mengetahui prediksi cuaca harian akan membuat Anda lebih antisipatif dan menyediakan payung sebelum hujan. AccuWeather dan Dark Sky termasuk aplikasi yang cukup proaktif memberi informasi saat cuaca buruk mendekat, bisa diunduh pada perangkat Android maupun iOS.

- Kemacetan jalan

Peringatan yang satu ini pasti sangat berguna bagi siapa saja yang banyak menghabiskan waktunya di jalan. Cek jalan mana yang lebih lengang agar tidak terjebak macet berkepanjangan dengan Google Maps atau aplikasi lain yang serupa.

- Cek keamanan rumah

Aplikasi Piper, Canary, SmartThings, Nest, dan Arlo bisa menjadi opsi untuk mengecek keamanan rumah. Masing-masing bekerja dengan sistem dan fitur yang sedikit berbeda. Ada yang menyesuaikan dengan sensor gerak atau bahkan pengenalan wajah.

- Melacak kendaraan

Aplikasi pelacak kendaraan Kahu bisa diandalkan ketika mobil dicuri. Kahu yang bisa dipasang di Android maupun iOS ini merupakan bagian dari layanan pemulihan kendaraan. Ada pelacak GPS dan komunikasi real time dengan pihak berwenang.

- Mengawasi orang terkasih

Pengawasan yang dimaksud bukan menguntit atau memata-matai, tetapi berjaga-jaga saat orang terkasih berada dalam kondisi darurat. Aplikasi yang cocok untuk keperluan ini adalah Buddi, GreatCall, dan Life360, sementara BikerSOS dikhususkan untuk para pesepeda.

- Perangkat rumah pintar

Rumah yang menerapkan perangkat pintar biasanya dilengkapi aplikasi untuk mengendalikannya dari jarak jauh. Beberapa aplikasi yang mampu mendeteksi masalah di rumah dan mengirimkan peringatan termasuk Nest Protect, First Alert, atau Roost Smart Battery.

- Aktivitas rekening bank

Memasang aplikasi perbankan pada ponsel bukan cuma berguna untuk mengecek saldo dan melakukan transfer. Fitur canggih pada aplikasi juga bisa memberi peringatan apabila ditengarai ada aktivitas mencurigakan, dikutip dari laman Gizmodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement