Senin 06 Aug 2018 21:33 WIB

Ini 9 Cara Praktis Membangun Kepercayaan Diri

Berpikir positif dan tampil percaya diri menjadi kunci tingkatkan kepercayaan diri

Rep: MGROL 111/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bersalaman. Ilustrasi
Foto: .
Bersalaman. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepercayaan adalah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari hidup. Bagi sebagian dari kita, keluar dari cangkang atau melangkah keluar dari zona nyaman menjadi mudah. 

Tetapi bagi beberapa orang yang mencoba menerobos tembok zona amannya bisa jadi adalah perjuangan yang konstan. Tetapi bagian yang terbaik yakni kita adalah makhluk yang beradaptasi untuk berubah dengan baik jika kita sendiri cukup siap.

Bagi kita yang siap pada hal tersebut, berikut adalah beberapa kiat yang telah kami lansir dari Indiatimes.com ini untuk membantu kamu mengatasi rasa takut dan menyalurkan kepercayaan diri.

photo
Tatap mata lawan bicara

1. Pertahankan kontak mata dengan orang yang kamu ajak bicara. Itu membuat kamu tampak yakin dengan apa yang kamu katakan. Ini mungkin terasa tidak nyaman pada awalnya, tetapi itu tidak akan lama dan kamu akan segera terbiasa.

 

2. Baca dan belajar tanpa henti. Setiap sedikit informasi, lama atau baru, adalah pengetahuan. Ini akan membantu kamu  untuk masuk ke dalam setiap perbincangan dengan mudah.

3. Membungkuk lebih berbahaya daripada yang kamu sadari. Berdiri dengan bahu  tegap dan teguhkan pendirianmu. Ini secara otomatis akan membuat kamu merasa lebih percaya diri.

photo
Perempuan mengenakan blazer.

4. Berpakaianlah layaknya kamu akan bertemu dengan orang yang amat penting. Ketika kamu berpakaian bagus, kepercayaan diri mengalir secara alami.

5. Belajar dari orang lain. Belajarlah dari teman yang menurut kamu sangat percaya diri. Lihat bagaimana mereka mengatasi situasi sosial.

6. Menjadi positif. Berpikirlah yang positif. Ketika memberikan presentasi yang telah sebenarnya kamu hindari atau membicarakan sesuatu dengan manajer yang kamu takuti. Berpikir bahwa semuanya akan baik-baik saja adalah satu-satunya cara kamu dapat memahaminya.

7. Bicara pada dirimu sendiri. Ucapkan kata-kata positif favoritmu dengan keras. Ini adalah solusi hebat dan dapat membuat kamu merasa lebih pintar. Beberapa penelitian bahkan menyarankan hal itu untuk meningkatkan daya ingat, membantu kamu fokus dan bahkan meningkatkan kinerja atletik. Gunakan kekuatan self-talk positif sebagai cara untuk melewati masa-masa sulit.

8. Tingkatkan rasa ingin tahu kamu. Ajukan pertanyaan bahkan jika pertanyaanmu tampak bodoh bagi dirimu sendiri. Keingintahuan adalah dasar dari pembelajaran dan pertumbuhan seumur hidup. Angkat tanganmu, ketika kamu ingin membuka kemungkinan-kemungkinan yang baru dari dunia.

9. Berhentilah membandingkan dirimu dengan orang lain. kamu adalah seorang individu dengan kepribadian yang berbeda. Kamu di sini bukan untuk dibandingkan, kamu berada di sini untuk menjadi diri kamu sendiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement