Senin 06 Aug 2018 13:31 WIB

Tips Aman Tinggalkan Rumah dalam Keadaan Kosong

Ciptakan keadaan seolah-olah rumah tidak dalam keadaan kosong.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Rumah kosong
Foto: Wikimedia
Rumah kosong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berlibur adalah agenda yang menyenangkan dan selalu ditunggu-tunggu oleh mereka yang setiap hari disibukkan dengan pekerjaan. Ada orang yang senang mengambil liburan di kala musim libur seperti saat hari raya atau tahun baru. Tetapi ada juga yang memilih cuti libur saat hari kerja karena tak ingin berdesak-desakan di keramaian tempat wisata.

Namun, kapan pun Anda pergi jangan lupa terapkan tips keamanan tatkala anda meninggalkan rumah dalam keadaan tak berpenghuni. Dilansir dari Travel and Leisure, berikut lima cara mengantisipasi pencuri yang mengincar rumah kosong.

Jangan hanya mengunci pintu geser

Beberapa rumah ada yang dilengkapi dengan pintu geser. Anda tak cukup hanya mengunci pintu tersebut tetapi berikan penghalang lain di baliknya. Gunakan sapu, tongkat, atau apapun yang bisa menghambat terbukanya pintu.

Bantuan tetangga

Minta bantuan tetangga untuk menerima kiriman surat atau paket saat Anda pergi. Tumpukan surat di depan rumah adalah penanda yang jelas bahwa rumah dalam keadaan kosong.

Seolah di rumah

Buatlah seolah-olah ada orang di rumah. Anda bisa memanfaatkan timer agar lampu menyala otomatis pada malam hari dan mati ketika pagi tiba. Dengan demikian, timbul kesan seolah-olah ada orang di dalam rumah. Parkirkan mobil di tempat parkir dalam posisi menghadap ke jalan agar nampak seperti akan digunakan.

Rahasiakan keberadaan

Jangan sebarluaskan keberadaan Anda di luar rumah saat berlibur. Mengunggah foto-foto liburan memang jamak dilakukan pengguna internet saat ini. Akan tetapi alangkah baiknya jangan unggah momen-momen liburan saat itu juga. Hal ini dengan mudah ditangkap sebagai tanda bahwa Anda sedang tidak di rumah. Lebih baik unggah foto-foto liburan ketika sudah pulang ke rumah.

Cek ulang

Cek ulang pintu dan jendela sebelum pergi. Pastikan semua jalan masuk ke rumah terkunci dengan benar. Jika rumah bertingkat, jangan malas mengecek semua pintu dan jendela di lantai atas. Dengan memastikan semua pintu dan jendela sudah terkunci, Anda dapat berlibur dengan pikiran yang tenang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement